Artikel

4 Cara Mempercepat Menstruasi

4 Cara Mempercepat Menstruasi

Siklus menstruasi yang normal dialami wanita adalah memiliki rentang selama dua puluh delapan hari. Jarak ketika menstruasi selesai dan kembali datang lagi dikatakan masih memiliki normal pada rentang tersebut. Namun jika wanita tidak kunjung mengalami menstruasi di tanggal biasanya, maka ada tiga kemungkinan.

Kemungkinan pertama, menstruasi mundur satu atau dua hari, jika itu terjadi maka masih dikatakan normal. Kemungkinan kedua, menstruasi datang terlambat selama seminggu bahkan satu bulan, mengindikasikan terjadi masalah di dalam tubuh. Atau kemungkinan ketiga, menstruasi tidak kunjung datang sama sekali sebagai tanda kehamilan.

Bagi wanita yang belum menikah dan mengalami menstruasi datang terlambat, menunjukkan ada gangguan pada fungsi tubuh. Faktor yang menyebabkan menstruasi datang terlambat dapat dikarenakan beban pikiran atau stress, pola makan yang kurang terjaga, atau hormon di dalam tubuh mengalami ketidak-seimbangan. Jika Anda sering atau pernah mengalami menstruasi yang datang terlambat, usahakan untuk mengetahui trik berikut ini, guna mengatasi agar menstruasi kembali dalam siklus yang normal.

Atur Waktu Istirahat Anda

Setiap wanita penting untuk mengatur waktu istirahat. Jika selama ini Anda adalah orang yang hobi mengerjakan tugas hingga larut malam alias kerja lembur, maka ubah kebiasaan tersebut. Usahakan tidak melakukan kebiasaan tersebut. Gunakan waktu istirahat Anda dengan baik. Jika memang sudah masuk waktu istirahat, maka istirahatkan tubuh Anda. Tenaga dan pikiran terlalu diforsir pada waktu yang seharusnya dipergunakan untuk istirahat mudah membuat seseorang menjadi stress. Sehingga bagi wanita berpengaruh pada produksi hormon. Salah satu imbasnya adalah menstruasi yang datang terlambat.

Konsumsi Jus Buah Setiap Hari

Buah mengandung sejumlah senyawa antioksidan yang penting bagi kekebalan tubuh. Juga dapat memperlancar siklus menstruasi wanita. Ada beberapa jenis buah yang dapat Anda konsumsi agar siklus menstruasi normal. Jus dari buah anggur dapat melancarkan siklus menstruasi. Selain jus dari buah anggur, Anda juga dapat mengkonsumsi jus dari buah pepaya.  Mengkonsumsi jus buah setiap hari sangat dianjurkan untuk menjaga kekebalan tubuh sehingga siklus menstruasi berjalan normal.

Konsumsi Jus Dari Tanaman Herbal

Selain dari buah, Anda juga dapat mengkonsumsi jus dari tanaman herbal seperti lidah buaya. Jus dari lidah biaya dapat mengatur jalannya siklus menstruasi bulanan Anda. Dapat pula mengkonsumsi jus dari tanaman batang seperti tebu. Mengkonsumsi jus tebu empat belas hari sebelum tanggal menstruasi Anda datang, maka dapat mengatasi siklus menstruasi yang datang terlambat. Jika Anda dapat menemukan sayuran mirip seledri bernama peterseli, maka dapat pula membuat jus dari peterseli. Jus peterseli kaya antioksidan yaitu, luteolin untuk memperlancar siklus menstruasi.

Olahraga Setiap Hari

Berolahragalah setiap hari jika ingin siklus menstruasi berjalan normal. Dengan begitu otot dan syaraf tubuh menjadi kendur dan tidak tegang. Fungsi tubuh Anda akan berjalan normal dan berpengaruh langsung pada siklus menstruasi. Salah satu jenis olahraga yang efektif untuk melancarkan siklus menstruasi adalah yoga. Jenis olahraga untuk merilekskan pikiran ini dapat Anda coba untuk trik atasi siklus menstruasi datang terlambat. Datangi saja tempat aerobik yang mengajarkan olahraga yoga jika ingin siklus menstruasi segera berjalan normal kembali.

Lakukan saja trik di atas dan hindari untuk mengkonsumsi obat tertentu demi siklus menstruasi menjadi normal. Dengan trik yang sehat, maka fungsi tubuh Anda juga berjalan sehat. Ketika fungsi tubuh sehat, maka siklus menstruasi Anda tidak datang terlambat.