Artikel

5 Minuman Ampuh Pereda Nyeri Haid Ampuh Yang Wajib Diketahui!

5 Minuman Ampuh Pereda Nyeri Haid Ampuh Yang Wajib Diketahui

Hal yang paling menyebalkan untuk wanita ketika sedang mestruasi adalah kram nyeri pada perut di seluruh tubuh. Hingga membuat wanita sangat merasa lemas saat datang bulan di hari pertama. Namun, kamu tidak perlu khawatir, ada minuman pereda nyeri haid yang ampuh untuk mengurangi rasa sakit perut. Kali ini Jelita-V akan mengulas seputar minuman yang ampuh dan bermanfaat untuk meredakan rasa sakit saat menstruasi dengan tepat. Simak selengkapnya di sini.

1. Nyeri Haid Yang Di Alami Para Wanita

Nyeri haid kerap sekali melanda sebagian wanita ketika awal masa menstruasi. Nyeri haid dapat dirasakan seperti kram di perut bagian bawah yang muncul sebelum atau sewaktu menstruasi. Rasa sakit ketika merasakan nyeri didominasi dengan kram berdenyut di bagian perut yang menyebar hingga ke punggung dan paha. Keadaan nyeri haid ini terasa sangat kuat tetapi singkat, dan di lain waktu bisa terasa ringan namun bertahan dalam kurung waktu yang panjang.

Perlu kamu ketahui, nyeri haid dapat mengenai wanita pada usia berapapun mulai dari remaja hingga orang tua yang masih mengalami siklus menstruasi. Bagi sebagian wanita, ketidaknyamanan itu hanya menganggu. Bagi yang lain, kram menstruasi bisa cukup parah untuk menganggu aktivitas sehari-hari selama beberapa hari setiap bulan.

Gejala kram perut saat menstruasi bermacam-macam, di antaranya :

  • Nyeri berdenyut atau kram di perut bagian bawah perut yang bisa sangat intens
  • Nyeri yang dimulai 1 hingga 3 hari sebelum haid, memuncak 24 jam setelah haid dan mereda dalam 2 hingga 3 hari
  • Kulit terasa kusam dan merasakan nyeri yang terus-menerus
  • Rasa nyeri yang menjalar ke punggung dan paha bagian bawah
  • Mual, muntah dan diare
  • Sakit kepala yang meradang

Jika dirasa sakit nyeri yang dirasakan tidak tertahan hingga disertai pendarahan yang melebihi normal, kamu perlu berhati-hati karena bisa saja menandakan adanya masalah di organ reproduksi kamu.

2. 2 Jenis Nyeri Haid Yang Menganggu

Nyeri dan kram pada perut bagian bawah ketika menstruasi sifatnya timbul dan menghilang, tajam dan kadang-kadang disertai dengan nyeri dibagian belakang. Dalam bahasa medis, nyeri haid ini disebut dengan dismenore.

Gangguan nyeri saat haid terjadi 1 atau 2 tahun pertama saat wanita baru mengalami menstruasi. Seiring bertambahnya usia, rasa sakit yang melanda dapat berkurang dan mungkin berhenti. Meski begitu, berdasarkan dari penyebabnya dismenore dibedakan menjadi dua yaitu dismenore primer dan dismenore sekunder. Berikut 2 jenis gangguan yang menimbulkan nyeri saat haid,

  • Dismenore Primer

Wanita yang mengalami dismenore primer biasanya terjadi beberapa hari sebelum menstruasi. Sakit yang tidak bisa ditahan muncul ketika hari pertama dan akan mereda setelah hari pertama. Rasa nyeri yang terjadi tidak telalu parah walaupun menimbulkan mual hingga sakit kepala. Dismenore primer sering terjadi sebagian wanita yang berusia 20-24 tahun dan bisa hilang setelah beberapa tahun kemudian.

Nyeri haid yang timbul ketika rahim merasakan kontraksi karena peluruhan di dinding rahim dan menghasilkan prostaglandin. Sesuatu yang terjadi ketika prostaglandin yang dihasilkan terlalu berlebihan, sehingga sakit yang dirasakan begitu parah. Namun kita tidak perlu panik, karena selalu ada solusi disetiap rasa sakit yang datang.

  • Dismenore Sekunder

Jenis gangguan dismenore sekunder ini meiliki masalah fisik yang membuat timbul rasa tidak nyaman dan tidak tertahankan, di antaranya:
Infeksi Panggul, wanita yang terkena infeksi ini resiko lebih tinggi setelah pendarahan menstruasi dimulai karena adanya pembukaan bagian rahim. Kendati demikian, gangguan ini umum terjadi akibat infeksi menular seksual yang terjadi kapan saja selama tidak melakukan hubungan intim yang aman.

Endometriosis, kondisi ini sering terjadi ketika sel lapisan rahim muncul di bagian yang tidak seharusnya tumbuh menjadi jaringan otot dinding rahim. Gangguan ini muncul 1 sampai 2 hari sebelum menstruasi dan dapat berlanjut selama menstruasi.

3. Tips Pereda Nyeri Haid

Dalam keadaan normal, nyeri haid hanya membuat wanita merasa sakit dan tidak nyaman. Namun, dalam keadaan yang parah, nyeri haid ini bisa membuat wanita tidak dapat bekerja dan harus beristirahat. Rasa nyeri yang dirasa sering bersamaan dengan rasa mual, sakit kepala, dan merasa mau pingsan. Untuk mengatasi nyeri berlebihan, kamu perlu melakukan tips meredakan nyeri haid berikut ini, diantaranya :

  • Kompres Air Hangat

Kamu perlu menghangatkan perut bagian bawah dengan kompres hangat. Kompres hangat menurunkan ketegangan otot dan membuat pembuluh darah menjadi lebih longgar dan lancar. Suhu panas dapat membantu melemaskan otot rahim yang tegang sehingga mengurang rasa sakit.

Kamu hanya perlu menempelkan botol berisi air hangat yang bisa kamu balut menggunakan kain setiap kali perut terasa nyeri. Selain itu kamu perlu mencoba dengan berendam air hangat, mandi air hangat juga membantu mengendurkan otot-otot di perut, punggung, dan kaki.

  • Olahraga

Olahraga bisa meredakan rasa sakit ini dengan cepat, olahraga teratur juga bisa mencegah nyeri saat haid. Berolahraga dapat membantu peredaran daran kamu lebih lancar. Selain itum hormon endorfin yang dihasilkan sebagai pereda nyeri alami dapat membantu mengurangi efek hormon prostaglandin. Dengan berolahraga otot-otot kamu menjadi rileks, meningkatkan suplai darah ke panggul dan tentunya bisa juga memperbaiki suasana hati yang tidak karuan saat haid.

  • Akupunktur

Cara ini juga bisa jadi cara yang efektif untuk mengatasi nyeri haid. Pengobatan tradisional ini menggunakan jarum tipis yang akan ditancapkan ke kulit di titik-titik tertentu tubuh untuk merangsang saraf di area tertentu. Namun, kamu jangan sembarangan memilih lokasi terapi karena jarum akupunktur yang digunakan bergantian malah bisa mendatangkan penyakit baru.

  • Berhenti Merokok

Rokok memang sangat buruk untuk kesehatan paru, namun rokok juga bisa memperburuk nyeri haid karena rokok membatasi suplai oksigen ke panggul. Maka dari itu kamu bisa berhenti merokok guna menghilangkan nyeri haid jika kamu selama ini termasuk kategori perokok aktif.

  • Minum Suplemen

Minum suplemen atau makan makanan yang banyak mengandung vitamin B6, kalsium, dan magnesium. Minum suplemen termasuk minuman pereda nyeri haid yang bisa kamu konsumsi. Namun, sebelum mengonsumsinya, pastikan untuk berkonsultasi terlebih dahulu ke dokter. Kamu bisa meminta saran ke dokter mengenai jenis produk dan dosis yang sebaiknya kamu konsumsi.

  • Obat Anti-Inflamasi

Kamu bisa mencoba obat anti-inflamasi yang dijual bebas di toko-toko, seperti ibuprofen. Minum sehari sebelum haid, dan lanjutkan secara teratur selama beberapa hari di awal-awal haid.

  • Mengurangi Stres

Stres bisa membuat kamu yang sedang haid mengalami kram perut semakin parah. Setiap orang memiliki cara masing-masing untuk menghilangkan stres. Kamu bisa mencoba dengan menonton film, berjalan-jalan santai, atau sekedar melakukan meditasi yang bisa menjadi pilihan cara untuk mengurangi stres. Cara yang mudah kamu bisa melakukan sendiri dengan cara menarik napas dalam-dalam sambil diembuskan perlahan. Teknik ini merupakan cara sederhana untuk mengusir stres dan meringankan beban di kepala.

4. 5 Minuman Ampuh Pereda Nyeri Haid

  Ada banyak cara yang dapat membantu meredakan nyeri haid yang mengganggu, seperti rutin berolahraga, tetap aktif bergerak dan mengonsumsi makanan yang sehat. Selain makanan, ada juga beberapa jenis minuman yang dianggap efektif dapat meredakan nyeri haid, yaitu:

  • Teh Lemon Jahe

Jika kamu ingin meminum-minuman yang hangat, kamu bisa membuat teh lemon jahe. Caranya cukup mudah yaitu isi cangkir dengan air panas, lalu masukkan potongan jahe dan lemon. Karena jahe dikenal sebagai ibuprofen atau aspirin dapat membantu mengurangi rasa sakit perut melilit saat haid.

  • Jus Nanas

Buah nanas juga bisa dijadikan sebagai minuman pereda nyeri dan mengurangi peradangan. Nanas mengandung bromelain yang diklaim bisa mempercepat penyembuhan luka dan meredakan sendi yang sakit. Nanas juga mampu membantu meredakan ketegangan otot rahim yang mengepal membuat kamu merasa nyeri yang begitu sakit.

  • Cokelat Panas

Cokelat panas juga bisa meredakan sakit perut saat haid. Cokelat memiliki kandungan zat serotonin yang bisa memperbaiki mood kamu. Cara membuatnya pun mudah, kamu hanya perlu memasukkan bubuk cokelat ke dalam cangkir dan beri air panas. Hirup uapnya dan minum dalam keadaan panas mampu memngurangi sakit perut dan perasaan bahagia.

  • Jus Sayuran

Selain cokelat, jus sayur mampu meredakan sakit perut juga seperti sayur bayam, sawi dan lainnya. Kamu bisa memblender dengan menambah rasa jeruk lemon. Baru kamu bisa meminumnya. Jus sayur ini kaya akan citamin A,C,K serta asam fofat. Zat tersebut efektif meredakan rasa nyeri perut saat haid.

  • Yoghurt

Yoghurt bisa juga menjadi minuman pereda nyeri haid. Dalam yoghurt kaya akan kalsium serta probiotik yang mampu meredakan sakit perut saat haid. Dijamin akan berkurang rasa sakitnya.

Sangat mudah membuatnya, bukan? Minuman di atas bisa kmau racik sendiri di rumah. Itulah beberapa jenis minuman untuk meredakan nyeri haid. Selalu seimbangkan juga dengan mengonsumsi makanan sehat lainnya dan kualitas tidur yang cukup agar nyeri haid tidak mengganggu aktivitas sehari-hari. Semoga tulisan ini bermanfaat ya.

Ikuti informasi menarik seputar kesehatan reproduksi perempuan hanya di Jelita-V.com!

Jenis minuman apalagi yang mampu meredakan nyeri haid?