Artikel

6 Cara Diet Saat Haid Dijamin Bermanfaat, Yuk Dicoba!

6 Cara Diet Saat Haid Dijamin Bermanfaat, Yuk Dicoba!

Saat terjadinya siklus menstruasi, kebanyakan para wanita mengalami kenaikan berat badan. Penyebabnya bisa jadi karena perubahan hormon di dalam tubuh sehingga kadar estrogen dan progesteron kurang membakar lemak. Kali ini Jelita-V akan mengulas seputar info cara diet saat haid yang bisa dilakukan oleh para wanita dan wajib di coba karena sangat bermanfaat untuk menurunkan berat badan. Simak selengkapnya di sini.

1. Penyebab Berat Badan Bertambah Saat Haid

Perlu kamu ketahui, penambahan berat badan selama menstruasi merupakan hal yang normal terjadi dan hal tersebut merupakan gejala fisik dari PMS. PMS sendiri menimbulkan gejala baik fisik maupun emosional setiap wanita sebelum terjadinya siklus menstruasi.

Naiknya berat badan dan kembung di perut merupakan gejala umum saat menstruasi. Ada beberapa alasan atau penyebabnya, di antaranya :

  • Perubahan Hormonal, dimana berat badan mengalami kenaikan dengan meningkatkan retensi air. Retensi air yang mempengaruhi para wanita menyebabkan terjadinya pembengkakan di bagian tubuh selama sementara waktu.
  • Kembung Dan Kram Perut, disebabkan karena perubahan hormonal yang meningkatkan suhu gas di saluran pencernaan dan retensi air di perut. Sedangkan kram perut, disebabkan oleh terjadinya pelepasan prostaglandin oleh rahim yang mengakibatkan kontraksi. Meski berat badan bertambah akibat hal tersebut, penambahan berat badan akan menghilang dengan sendirinya.
  • Malas Olahraga, bisa jadi penyebab berat badan kamu naik. Rasa malas mampu mengalahkan segalanya, hingga membuat rasa nafsu makan semakin bertambah. Peningkatan estrogen dan progesteron sebelum menstruasi menyebabkan munculnya rasa lelah dan menurunnya daya tahan tubuh. Sehingga membuat kamu tidak nayaman melakukan aktifitas olahraga.
  • Masalah Pencernaan, selama mengalami siklus menstruasi, fluktuasi hormonal merupakan penyebab terjadinya masalah pencernaan seperti diare atau sembelit. Mengakibatkan rasa tidak nyaman dan merasakan perut kembung. Progesteron yang meningkat sebelum menstruasi mengganggu kontraksi otot usu dan menyebabkan pencernaan yang lambat. Bahkan bisa muncul terjadinya nyeri panggul dan perut.
  • Terlalu banyak makan, selama menstruasi perubahan hormon kamu membuat daya nafsu makan meningkat. Seminggu sebelum menstruasi, kadar perangsang nafsu makan menjadi lebih meningkat karena sangat berkesinambungan. Sebaliknya, hormon estrogen yang mengatur serotonin mampu mengontrol suasana hati sehingga mampu mengurangi nafsu makan.

Selain itu, perubahan emosi yang bersamaan dengan gejala nyeri PMS membuat setiap wanita kurang melakukan aktivitas. Sehingga makanan yang masuk lebih sedikit dibakar.

2. Apakah Boleh Melakukan Cara Diet Saat Haid?

Ketika kamu mengalami siklus menstruasi, secara fisiologis tubuh mengalami perubahan dan mengakibatkan sakit perut, mual, pusing, rasa lelah yang mendominasi hingga perubahan emosi yang tidak menentu. Wanita yang mengalami pusing kepala ringan yang menyertai menstruasi dapat ditimbulkan akibat beberapa penyebab. Salah satunya, yaitu

  • Tubuh Dehidrasi, dimana tubuh yang kekurangan cairan terjadii akibat kurangnya minum air putih, faktor lingkungan yang panas dan terlalu banyak melakukan aktifitas yang berkeringat.
  • Anemia, kadar hemoglobin yang rendah berperan dalam mentranfer oksigen ke jaringan tubuh.
  • Hipotensi Ortostatik, dimana tekanan darah turun secara drastis ketika adanya perubahan posisi tubuh. Seperti dari berbaring ke posisi duduk.

Karbohidrat merupakan salah satu sumber energi yang sangat berperan penting dalam aktifitas tubuh. Sehingga jika ingin melakukan diet, kamu perlu menyesuaikan dengan aktivitas dan kebutuhan tubuh kamu. Kamu perlu beristirahat sejenak jikan mengalami keluhan seperti pusing. Keluhan pusing saat menstruasi memang wajar terjadi dan tidak berlangsung lama. Namun, jika merasakan pusing dalam sampai siklus menstruasi kamu usai, kamu perlu melakukan pemeriksaan dengan dokter yang lebih paham lagi.

3. Cara Diet Saat Haid Dengan Benar

Saat haid, selain mempengaruhi emosi yang tidak menentu, nafsu makan juga semakin meningkat. Para wanita yang sedang mengalami siklus haid cenderung ingin makan banyak terutama makanan yang asin, manis dan pedas. Sedangkan, makanan tersebut justru memperparah kondisi emosional belum lagi kondisi tubuh yang menggemuk akibat mengonsumsi makanan manis yang berlebihan.

Ada beberapa hal yang bisa dilakukan saat menstruasi yaitu dengan usaha menurunkan berat badan. Tepatnya lagi, para wanita yang ingin tetap memiliki prosi tubuh yang proposional, kamu hanya perlu melakukan cara diet saat menstruasi ara wanita bisa melakukan beberapa cara diet ini agar berat badannya turun selama siklus menstruasi, di antaranya :

  1. Minum Air Putih Yang Banyak

Saat haid, jangan berasumsi bahwa kalau minum air banyak dapat menambah penumpukan cairan dalam tubuh, mencukupi asupan air mampu memberikan solusi yang baik untuk mencegah terjadinya kram perut dan dehidrasi. Bahkan dehidrasi mampu menyebabkan kembung bera. Air tidak akan menambah berat badan, sebaliknya air mampu membantu mengurangi retensi air.

2. Hindari Daging Merah

Kamu wajib menghindari makan makanan daging merah karena daging merah memengandung lemak jenuh tingkat tinggi yang meningkatkan kadar estrogen.

3. Alihkan Keinginan Ngemil ke Buah dan Sayur.

Saat menstruasi pasti rasa nafsu makan makin meningkat terutama pada makanan cemilan. Pada saat haid, kamu perlu melakukan subtitusi makanan. Usahakan alihkan makanan cemilan kamu dengan memakan buah dan sayuran segar. Karena selain membuat sehat, hal tersebut mampu menjaga berat badan kamu agar tidak naik. Pilihlah buah yang bisa membuat kenyang lebih lama dan sayur yang paling kamu sukai. Kamu dapat melakukan sarapan buah dan tumisan sayur sebagai pengganti makan malam.

4. Jangan Kuatir Makan Cokelat

Ketika hormon kamu berfluktuasi dari tinggi ke rendah, cokelat justru mampu membantu menstabilkan. Cokelat mampu meningkatkan kadar serotonin yang membantu kamu mengurangi asupan makanan yang tidak perlu di makan.

5. Say No untuk Makanan Cepat Saji

Keinginan makan yang berlebihan membuat kamu lebih memilih makanan cepat saji yang tidak bikin ribet. Padahal, makanan cepat saji mengandung banyak garam. Mengurangi porsi makan tidak selamanya membuat program diet kamu berjalan lancar. Justru makanan cepat saji menjadi penyebab gagal diet. Seperti makanan cepat saji yang menyajikan paket ayam goreng, kentang goreng dan minuman manis mampu menggagalkan diet kamu. Karena ciri-ciri makanan cepat saji tersebut mengandung tinggi kalori, lemak jahat dan tingginya kadar garam.

6. Fokus pembakaran lemak

Untuk menurunkan berat badan lebih cepat, kamu perlu melakukan olahraga yang membantu membakar lemak kamu seperti melakukan sprint atau latihan berolahraga dengan intensitas tinggal dalam durasi yang singkat. Olahraga juga sangat penting dalam membantu menurunkan berat badan kamu. Seberapapun sehat makanan kamu, kamu tidak akan bisa sehat dengan sempurna dan mengalami penurunan berat badan jika tanpa di kombinasi dengan olahraga ringan secara rutin.

Itulah beberapa cara diet yang sederhana yang bisa kamu lakukan untuk menurunkan berat badan saat menstruasi. Keuntungan dalam melakukan cara tersebut yaitu, kamu hanya perlu melakukan pada masa siklus menstruasi saja. Jika memang mau melanjutkan di maasa tidak haid justru lebih bagus lagi. Karena itu cukup menjaga berat badan kamu. Sudah tahu kan cara diet saat menstruasi dengan benar? Yuk, Agar tubuh tetap sehat dan mood juga stabil selama siklus menstruasi, kamu wajib memperhatikan asupan makanan. Jalankan pola diet sehat dan bernutrisi lengkap. Semoga tulisan ini bermanfaar buat kamu.

Ikuti informasi menarik seputar kesehatan reproduksi perempuan hanya di Jelita-V.com!