Artikel

8 Tips Anti Ribet Menggunakan Pembalut Kain Cuci Ulang!

8 Tips Anti Ribet Menggunakan Pembalut Kain Cuci Ulang!

Penggunaan pembalut kain di jaman sekarang ini memang susah-susah gampang, apalagi kalau sedang musim hujan kayak gini, pasti sangat merepotkan. Adapula sebagian wanita yang masih ragu beralih dari pembalut sekali pakai ke pembalut kain karena banyak yang mengatakan cepat rusak. Perlu sobat jelita-v ketahui, mungkin mereka yang mengatakan seperti itu karena mereka belum tahu tips menggunakan pembalut kain dengan benar. Kali ini Jelita-V akan mengulas seputar pembalut kain cuci ulang dan cara penggunaan pembalut kain anti ribet ya. Yuk, simak selengkapnya di sini.

1. Apa Itu Pembalut Kain Cuci Ulang?

Salah satu alat yang sering digunakan wanita ketika menstruasi adalah pembalut. Pembalut saat ini ada yang sekali pakai dan ada pula yang terbuat dari kain dan bisa dicuci ulang dan digunakan kembali. Namun, saat ini sebagian wanita banyak yang memilih menggunakan pembalut kain.

Pembalut kain atau pembalut cuci ulang termasuk jenis pembalut yang terbuat dari bahan dasar kain yang memiliki daya serap tinggi. Maka dari itu, pembalut kain kini sedang menjadi trend karena penggunaan pembalut kain tersebut seperti mengingatkan kembali ketika zaman dahulu yang wanita menggunakan kain saat menstruasi. Selain lebih hemat penggunaan pembalut kain juga lebih ramah lingkungan karena tidak sekali pakai langsung buang namun dapat digunakan kembali dengan mencuci ulang pembali kain tersebut.

Sebagian wanita mengatakan kalau pakai pembalut kain itu ribet dan menyita banyak waktu. Karena, setelah memakai pembalut kain, kamu perlu mencuci dan membilas sisa darah dengan bersih. Kamu memang merasa ribet dan repot karena belum tahu tips atau cara memakai pembalut kain dengan benar. Harus diakui jika penggunaan pembalut kain memlukan penanganan ekstra. Padahal, jika kamu sudah mengetahui cara mudahnya, kamu bakal terbiasa menggunakan pembalut kain daripada menggunakan pembalut sekali pakai.

Biaya untuk membeli pembalut kain memang cukup mahal dibandingkan membeli pembalut sekali pakai. Namun, jika dihitung dengan benar, sebenarnya terhitung lebih hemat. Karena kamu hanya perlu mengeluarkan biaya mahal di awal dan pengunaanya dapat dipakai berulang-ulang.

1. Kelebihan Dan Kekurangan Pakai Pembalut Kain

Banyak wanita yan merasa puas setelah memakai pembalut kain. Kendati demikian, pembalut kain memiliki kelebihan dan kekurangan dibanding pembalut sekali pakai. Ini berlaku ketika dibandingkan dengan pembalut sekali pakai, di mana pada bagian sayapnya terdapat plastik yang susah terurai. Berikut kelebihan dan kekurangan dari penggunaan pembalut kain, diantaranya:

A. Kelebihan

Tidak menyebabkan iritaso atau ruam di selangkangan

– Memiliki tekstur kain yang halus karena terbuat dari katun

– Dapat digunakan berkali-kali, sehingga lebih hemat biaya

– Dapat bertahan lama sampai 5 tahun jika perawatannya benar dan bersih

– Ramah lingkungan

– Tidak mengandung bahan kimia

B. Kekurangan

– Nominal harga pembalut kain relatif mahal

– Pembalut kain harus dicuci sehingga tidak praktis dibawa saat perjalanan jauh

– Jika tidak segera dicuci dengan bersih, akan ada noda pada pembalut kain kamu.

Apapun kelebihan dan kekurangannya, semua itu kembali ke pengguna bagaimana cara merawatnya dengan baik. Pastikan kamu selalu menjaga kebersihan area kewanitaan selama masa menstruasi.

3. Tips Mudah Menggunakan Pembalut Kain Cuci Ulang

Pembalut kain yang bersifat reusable atau di cuci berkali-kali saat ini sedang naik daun karena pembalut kain bisa di cuci dan dikeringkan sehingga dapat digunakan kembali. Selain itu, jika kita menggunakan pembalut kain, tanpa disadari kita ikut membantu mengurangi produksi sampah dari pembalut sekali pakai. Agar kamu lebih bisa menggunakan pembalut kain cuci ulang dengan benar dan tepat, kamu perlu menerapkan beberapa tips mudah dalam memakainya, di antaranya:


 – Pilih Ukuran Yang Tepat

Kamu dapat memilih pembalut kain berdasarkan ukuran pembalut sekali pakai yang biasa kamu gunakan. Kesalahan yang sering dilakukan para wanita yaitu membeli pembalut kain dengan ukurang yang kurang pas. Ketika kamu membeli dengan ukuran yang kecil, maka tidak mampu menampung darah menstruasi karena rentan terjadinya bocor ke luar. Namun jika kamu pilih yang terlalu panjang, da[at membuat permukaan kulit yang tidak termasuk area keluarnya darah akan menjadi lembab, gatal dan muncul roam-roam disekitar bagian intim kamu.

Maka dari itu, kami sarankan kamu memilih dengan ukuran yang pas sesuai ukuran kamu sehingga nyaman dipakai.

Gunakan Celanan Dalam Yang Pas, Tidak Terlalu Longgar

Pembalut kain sendiri tidak menggunakan alat perekat, hanya sebuah kancing supaya pembalut dapat terpasang di celana dalam. Karena, jika penggunaan celama dalam longgar maka dapat mengakibatkan pembalut bergeser. Jadi gunakan celana dalam yang memiliki karet pinggang yang masih baik.

Gunakan Bahan Yang Nyaman dan Aman

Tidak semua kain bisa digunakan sebagai bahan pembalut kain. Ada yang mematok dengan harga pembalut kain yang murah, tetapi berbahan dasar yang tipis dan kasar. Kami bisa memilih menggunakan pembalut kain yang berbahan dasar lembut. Hindari pemilihan pembalut kain yang terbuat dari bahan sea sponge karena bahan tersebut mengandung kotoran dan bakteri.

Cuci Pembalut Dengan Benar dan Tepat

Pembalut kain yang terbuat dari bahan dasar kain ini memiliki daya serap tinggi. Bercak darah dapat menimbulkan noda yang susah dihilangkan jika pembalut kain tidak segera dicuci. Sebaiknya kamu mencuci langsung dengan deterjen khusus bayi atau sabun untuk menghilangkan bekas darah. Namun kamu jangan memakai detergen sembarangan, pilihlah deterjen yang aman yang bertujuan membuat material pembalut lebih tahan lama.

Kamu juga perlu merendam untuk menghilangkan noda namun kamu perlu lebih teliti lagi, usahakan untuk membilasnya terlebih dahulu supaya noda darah dan deterjen yang dipakai tidak menmbulkan bau tak sedap.

– Keringkan Langsung

Setelah dicuci bersih, kamu harus menjemur langsung di bawah panas matahari untuk memastikan lapisan dalam pembalut kering sempurna. Sisi bagian dalam pembalut terdiri dari beberapa lapis kain, termasuk bersiap anti bocor pada bagian dasar. Sebisa mungkin kamu mengeringkan dengan baik, karena jika tidak sempurna dapat menimbulkan jamur kain serta bau tak sedap.

– Setrika Bagian Polos

Ketika kering, kamu perlu menyetrika pembalut kain untuk menghilangkan bakteri atau kuman yang menempel saat dijemur guna menjaga supaya kondisi pembalut kain tetap steril sebelum digunakan. Kamu dapat menyetrika mulai dari bagian permukaan atas hanya sisi polosnya saja jangan menyeluruh agar pembalut kain tidak mudah rusak.

– Simpan Di Tempat Yang Bersih

Jika kamu ingin bepergian, kamu dapat mengemas pembalut kain dalam kantung kecil bersih sebelum dimasukkan ke dalam tas. Sedangkan untuk menyimpan pembalut yang sudah dicuci hingga kering setelah dijemur, kamu perlu melipat ujung pembalut kain hingga sisi dalam polos yang tertutupi seutuhnya. Selanjutnya lipat sayap pembalut ke arah depan dan pasang kembali kancingnya. Setelah itu kamu dapat menyimpannya di lemari pakai dalam

– Sering Ganti Pembalut Kain 3-4 Jam Sekali Saat Menstruasi

Karena tidak mengandung bahan material yang sama dengan pembalut sekali pakai, otomatis tingkat kebocoran lebih rendah. Untuk menjaga kulit agar tidak lembab, kamu perlu mengganti pembalut ketika sudah lebih dari 3-4 jam. Kamu tidak perlu khawatir, menggunakan pembalut kain dalam jangka waktu yang lama tidak akan membuat kulit iritasi.

Ada wanita yang sudah beralih menggunakan kain, namun masih ada juga yang tetap nyaman menggunakan pembalut sekali pakai. Memang pembalut sekali pakai lebih praktis dan mudah didapat. Namun jika kamu mencoba memakai pembalut kain 2-3 kali ketika menstruasi pasti akan merasakan perbedaannya.

Kalau kalian bingung dimana sih dapetin produk pembalut kain yang aman dan nyaman dipakai? Cek website jelita-v.com, ada berbagai produk yang ditawarkan seperti prmbalut kain dan celana menstruasi. Keduanya berbahan kain, yang sudah pasti aman untuk organ intim dan tidak akan menimbulkan iritasi ataupun efek yang berbahaya. Kain yang digunakan pun kain pilihan yang sudah siap di sterilkan, kadi kamu tidak perlu khawatir lagi. Selain aman untuk organ, produk jelita-V juga ramah lingkungan karena produk ini Re-Useable, jadi bisa dipakai lagi. Tinggal dicuci, udah deh bisa dipakai lagi. Gak ribet kan?

So, beralih sekarang juga ke Jelita-V. jangan cari murah, tapi cari aman!

Sekarang kamu sudah tahu bukan tips menggunakan pembalut kain cuci ulang dengan benar dan tepat, gak ribet namun lebih banyak manfaatnya. Apa pun prioritas kamu, pastikan kamu tetap selalu menjaga kebersihan area reproduksi kewanitaan selama menstruasi. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu ya.

Ikuti informasi menarik seputar kesehatan reproduksi perempuan hanya di Jelita-V.com!

So, manfaat apalagi yang kamu ketahui dalam menggunakan pembalut kain cuci ulang?