Artikel

Agar Tetap Fit Beraktifitas, 9 Makanan Ini Wajib Dikonsumsi !!

asupan-makanan-saat-haid

Saat kedatangan tamu bulanan, kamu akan merasa cepat lelah, mudah marah, dan mengalami nyeri di perut. Hormon yang naik-turun saat siklus menstruasi membuat kebutuhan gizi wanita pun berubah-ubah. Oleh sebab itu, agar tubuh tetap fit, penting untuk selalu memenuhi kebutuhan nutrisi dan mengonsumsi makanan sehat melalui asupan tertentu.

Berikut daftar asupan yang baik dikonsumsi saat menstruasi, agar tetap fit beraktifitas, seperti dilansir dari lamanĀ health.liputan6 :

1 . Pilih versi sehat dari makanan yang diidamkan

Tak ada alasan untuk tidak memenuhi keinginan Anda akan suatu makanan tertentu, demikian menurut Edwina Clark, kepala divisi nutrisi dan kesehatan di Yummly, hanya saja ada cara sehat untuk memenuhinya. Anda bisa tetap menyemil makanan manis dengan mengonsumsi selai kacang, yoghurt dengan granola, buah kering, dan kacang-kacangan.

2. Makanan mengandung zat besi

Anda akan kehilangan banyak darah saat menstruasi dan berisiko mengalami anemia. Untuk mengatasi hal itu, cobalah makan daging merah, unggas, ikan laut, sayuran hijau, atau sereal.

3. Makanan kaya kalsium

Beberapa penelitian menunjukkan, kalsium bisa mengurangi nyeri PMS. Jika Anda mengalami masalah PMS, mengonsumsi produk susu, sayuran hijau, tofu, atau makanan lain yang kaya akan kalsium bisa membantu.

4. Kunyit

Kunyit juga mampu meredakan gejala PMS. Ambil 30 miligram kunyit dan bubuhkan ke dalam sup, teh, atau bumbu makanan untuk mendapatkan manfaatnya.

5. Ikan

Asam lemak omega-3 adalah anti-inflamasi yang bisa meringankan kramĀ menstruasi. Anda bisa mendapatkannya dari ikan seperti salmon, sardine, teri, dan ikan forel.

6. Jahe

Jahe juga memiliki sifat anti-inflamasi dan ampuh meredakan sakit perut, ujar Clark. Seperti kunyit, jahe bsai ditambahkan ke dalam teh, saus makanan, atau dicampur dalam smoothies.

7. Kacang-kacangan

]Kacang-kacangan, biji-bijian, dan minyak sayur banyak mengandung vitamin E sehingga bisa mencegah pusing akibat menstruasi.

8. Serat

Makanan tinggi serat seperti gandum utuh, buah-buahan, dan sayuran bisa mencegah masalah pencernaan yang seringkali muncul saat datang bulan. Hal itu dijelaskan oleh dokter keluarga, Jennifer Caudle, D.O. Masalah tersebut bisa diatasi dengan mengonsumsi makanan kaya serat.

9. Camilan rendah garam

Rata-rata wanita ingin makan camilan asin saat menstruasi. Masalahnya–menurut Dr Caudle–hal itu akan memicu kembung dan membuat menstruasi jadi lebih buruk. Alih-alih mengudap camilan asin tinggi garam, Anda bisa menggantinya dengan membuat kentang goreng sendiri atau menyemil popcorn tanpa garam.