Artikel

Bingung Memilih Popok Kain Atau Popok Sekali Pakai? Berikut ini Penjelasanya

Dengan adanya pampers baik itu kain ataupun sekali pakai sangat memudahkan kita dalam menjalani aktifitas kita. Baik saat di rumah terlebih saat kita sedang berada di luar rumah.Karena kita tidak perlu khawatir dan repot – repot mengecek setiap saat, dan gak perlu khawatir kalo-kalo baju kita basah terkena pipis.

Popok Kain

Popok kain biasanya terbuat dari kain katun yang lembut. Bunda-bunda sebelum era ditemukannya pampers pasti menggunakan popok kain . Penggunaan popok kain di zaman sekarang ini kadang dianggap kuno dan merepotkan. Apa sih kelebihan dan kekurangan popok kain ini dibandingkan popok sekali pakai?

  • Popok kain hemat! Hanya dengan membeli satu kali bisa digunakan berkali-kali (reusable). Bayangkan jika kita membeli popok sekali pakai  dalam sebulan bisa menghabiskan anggaran rumah tangga yang cukup besar.
  • Popok kain bagus digunakan untuk newborn baby karena bahannya yang nyaman. Hal ini membuat kulit  akan tetap lembut dan terhindar dari ruam popok maupun alergi yang bisa ditimbulkan dari penggunaan popok sekali pakai. Walaupun mungkin agak sedikit ribet karena kita harus mencuci, mengeringkan dan setrika supaya tetap steril.
  • Popok kain ini ramah lingkungan karena tidak akan menjadi sampah lingkungan. Jika popok terkena pipis dan pup dapat segera dibersihkan. Bunda tidak akan pusing melihat tempat sampah di rumah penuh oleh bekas popok sekali pakai.

Popok Sekali Pakai

Pampers/popok instan/disposable diaper adalah jenis popok sekali pakai yang umumnya terbuat dari bahan penyerap seperti tisue, fluff pulp, dan Natrium Polyacrylate memang bisa bekerja sebagai super absorbent yang ada di pad pampers. Pampers mulai digunakan karena kita meraskan kesulitan dan kelelahan dalam penggunaan popok kain yang merepotkan.

Apa sih kelebihan dan kekurangan pampers ?

  • Praktis! Kita tidak perlu mengecek celana sesering jika menggunakan popok kain. Daya serap pampers yang baik bisa menyerap pipis sampai lebih dari 5x. Hal itu membuat kita tidak akan kelelahan bolak-balik mencuci popok. Namun hal ini kadang membuat penggunanya mengalami ruam popok, apalagi jika kulitnya sensitif. Pampers akan terasa lembab dan membuat tidak nyaman
  • Ukurannya pampers sangat beragam, dapat disesuaikan dengan ukuran postur pemakai. Tentu dengan kepraktisan yang ditawarkannya, harga pampers lebih mahal daripada popok kain
  • Beberapa kekhawatiran dalam penggunaan pampers adalah adanya kandungan pewarna seperti sodium polyacrylate (gel penyerap). Sodium polyacrylate dapat menyebabkan alergi pada kulit.
  • Boros! Popok sekali pakai yang harus diganti berkali-kali setiap hari.