Artikel

Cara Hindari dan Sembuhkan Nyeri Haid

Cara Hindari dan Sembuhkan Nyeri Haid

 

Cara mengatasi nyeri haid penting untuk dilakukan agar kegiatan anda meski dalam masa menstruasi dapat dilakukan dengan lancar. Menstruasi dapat menyebabkan rasa sakit di area perut bawah dan juga punggung yang parah. Beberapa kasus yang parah sering terjadi dimana seorang wanita yang mengalami menstruasi mengalami kesakitan hingga mengeluarkan keringat dingin,pucat dan bahkan pingsan.Untuk mengatasinya anda bisa mencoba menggunakan beberapa tips berikut.

Air Panas

Salah satu cara yang secara tradiosional banyak digunakan untuk mengatasi nyeri haid adalah dengan mengompres perut dengan menggunakan air hangat. Caranya cukup mudah. Ambillah sebuah botol kaca kemudian panaskan air, masukkan air kedalam botol kaca. Setelah itu anda bisa mengambil posisi tidur kemudian mengompreskan air hangat di dalam botol pada perut anda. Cara ini sangat penting untuk merelaksasi perut yang kram karena menstruasi.

Konsumsi pisang

Pisang adalah salah satu buah iklim tropis yang memiliki banyak manfaat. Buah ini memiliki kandungan yang akan membantu anda mengurangi rasa sakit dan nyeri akibat haid. Hal ini disebabkan karena pisang memiliki kandungan potasium dan juga melatonin yang tinggi yang baik untuk menjaga kadar esterogen dalam tubuh sehingga dapat mengurangi rasa nyeri haid.

Olahraga

Olahraga memiliki manfaat yang sangat banyak bagi kesehatan, jika anda memiliki masalah nyeri haid lakukanlah olahraga secara rutin setiap hari. Jenis olahraga yang bisa dipilih adalah jalan kaki dan juga streching. Untuk jalan kaki lakukanlah setiap hari atau minimal 3 kali seminggu selama 45 menit. Olahraga jenis ini sangat baik untuk merenggangkan otot otot yang kram pada perut ketika anda mengalami menstruasi. Selain berjalan anda juga bisa melakukan stretching. Untuk kegiatan stretching anda bisa melakukan kegiatan kegiatan yang memiliki pusat di bagian perut untuk mengurangi tekanan otot otot perut sehingga otot perut anda anda akan lebih releks sehingga mengurangi rasa nyeri yang timbul.

Konsumsi air putih

Air putih memang memiliki banyak manfaat untuk tubuh manusia, salah satunya adalah meredakan rasa nyeri pada wanita yang sedang datang bulan. Mengkonsumsi air putih dalam jumlah yang seharusnya akan mengurangi resiko rasa nyeri pada punggung wanita dan juga meredakan rasa nyeri pada perut wanita akibat datang bulan.

Obat dan Jamu

Jika beberapa Cara mengatasi nyeri haid diatas belum bisa mengurangi rasa skit anda, anda bisa mencoba mengkonsumsiobat obatan yang memiliki kandungan paracetamol. Kandungan dari obat ini akan membantu anda mengurangi rasa sakit menstruasi anda. Selain itu jamu tradisional seperti kunyit akan membantu anda melancarkan datang bulan sehingga nyeri perut akibat datang bulan dapat diatasi. Namun untuk penggunaan obat kimia sebaiknya tidak dilakukan secara terus menerus karena jika mengkonsumsinya dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ketergantungan. Gunakan juga dosis yang tepat sesuai dengan yang di anjurkan.

Diatas merupakan beberapa Cara mengatasi nyeri haid. Jika nyeri anda sangat parah sehingga penggunakan Cara mengatasi nyeri haiddiatas tidak bisa menyelesaikannya sebaiknya anda segera hubungi dokter, karena bisa saja ada hal hal yang tidak normal yang terjadi pada tubuh anda. Yang perlu diingat terjadinya menstruasi merupakan hal yang perlu disyukuri karena dengan mengalami menstruasi,dapat dilihat bahwa seorang wanita memiliki potensi untuk mengandung dan memiliki anak di masa depan yang merupakan salah satu bentuk kesempurnaan setiap wanita.