Artikel

Cara Mengatasi Keputihan yang Gatal

cara-mengatasi-keputihan-yang-gatal

Cara mengatasi keputihan yang gatal merupakan salah satu yang sering dialami oleh para wanita yang sering mengalami keputihan. Tidak hanya itu saja keputihan biasanya di sebabkan oleh beberapa faktor, baik internal maupn eksternal. Banyak wanita mengalami keputihan yang gatal dibiarkan begitu saja atau digaruk. Padahal hal tersebut dapat berbahaya bagi Miss V. Berikut ada beberpa ciri keputihan yang berbahaya dan cara mengatasinya.

Ciri Keputihan Gatal yang Berbahaya :

  1. Selangkangan terasa gatal
  2. Iritasi yang ditimbulkan rasa gatal berlebih
  3. Bau busuk
  4. Lendir yang dikeluarkan banyak
  5. Berwarna kekuning-kuningan, kehijauan, kecoklatan

Ada pula solusi yang tepat untuk menghilangkan keputihan yang gatal :

1. Menjaga Kelembapan

Kelempan ideal Miss.V adalah pH 3,8-4,2 bakteri baik (lackobacillus) akan mengalami peningkatan sehingga dapat menjaga keseimbangan alami.Untuk tetap menjaga kelembapan gunakan celana dalam katun yang dapat menyerap keringat.

2. Menjaga Kebersihan Miss.V

Menggunakan pembersih area kewanitaan yang instan tidak selamanya baik apalagi terdapat zat berbahan kimia karena akan merusak perkembangan bakteri baik. Oleh karena itu bilas dengan air bersih saja lalu keringkan dengan handuk atau tisu.

3. Mandi Bersih

Gatal yang disebabkan oleh infeksi jamur dapat dihindari dengan rutin berendam air panas dan gunakanlah produk yang mengandung balt salt.

4. Hubungan Seks Sehat

Hubungan seks beresiko menularkan jamur yang menyebabkan infeksi menular. Oleh karena itu menjaga kebersihan area kewanitaan sangat penting, bisa dilakukan dengan menggunakan antiseptik yang teruji.

5. Mengganti Pembalut

Wanita merasa pembalut yang tidak terlalu banyak darah haid masih aman untuk dipakai, padahal dalam kenyataan nya itu berpotensi menimbulkan iritasi. Mengganti pembalut yang disarankan yaiitu 4 jam sekali agar terhindar dari bakteri dan jamur .

6. Hindari Celana Ketat

Celana ketat selain akan menghambat peredaran darah juga menyebabkan Miss.V berkeringat. Keringat akan mengakibatkan jamur dan menimbulkan gatal. Usahakan tidak seharian mengenakan celana ketat untuk mendapatkan sirkulasi udara dan membatasi perkembangan jamur.

7. Hindari Menggaruk

Menggaruk organ intim ketika gatal malah akan menambah parah. Air panas juga tidak disaankan karena akan membuat Miss.V bertambah merah dan justru membuat gatal bertambah parah. Gunakan air es untuk mengopres atau dengan mengunakan PK yang dicampur dengan air dingin. Ambil 1 sendok teh PK ,campurkan dengan air .

8. Konsultasikan pada Dokter

Jangan malu untuk berkonsultasi dengan masalah keputihan. Dokter akan menyarankan mengunakan obat yang tepat sesuai dengan penyebab gatal pada keputihan anda.