Artikel

Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Organ intim merupakan organ penting dalam tubuh yang memengaruhi kesehatan dan kebahagiaan anda sebagai pemilih tubuh. Anda sebagai seorang wanita tentu wajib menjaga kesehatan dan kebersihan organ intim anda.Pastikan anda mengetahui cara merawat dan menjaga kebersihan vagina, baik area luar maupun area dalam. Sebenarnya cara untuk merawat dan menjaga kebersihan vagina sangat mudah asal dilakukan dengan benar, dan tidak memerlukan keahlian atau produk khusus.

Cara Merawat dan Menjaga Kebersihan Organ Kewanitaan

Berikut ini cara untuk merawat dan menjaga kebersihan area vagina dengan benar.

Gunakan yang alami

Semua wanita tentu menyenangi wewangian,sehingga tidak heran menyemprotkan parfum ke  tubuh bisa meningkatkan perasaan nyaman dan percaya diri. Namun wewangian dilarang digunakan untuk organ intim, seperti sabun untuk organ intim wanita maupun pembalut dengan parfum tertentu. Penggunaan sabun untuk area kewanitaan bisa membuat kulit vagina terlalu kering dan mudah mengalami iritasi. Penggunaan pembalut dengan parfum tertentu juga bisa membuat kulit area kewanitaan mengalami iritasi karena kadar dan kandungan parfum di dalamnya.

Perlu anda ketahui bahwa vagina memiliki kemampuan untuk membersihkan diri secara alami, dan bisa mengatur tingkat keseimbangan pH tanpa bantuan produk apapun. Penggunaan sabun untuk  organ intim wanita justru akan membuat kadar pH menjadi tidak seimbang, dan menyuburkan pertumbuhan bakteri jahat di area vagina. Penggunaan pantyliner yang terlalu sering untuk menjaga kebersihan dan keringnya vagina juga tidak dianjurkan karena membuat vagina sulit untuk bernafas dan mudah mengalami iritasi.

Jika anda ingin membersikan area vagina cukup membasuhnya dengan air bersih dari depan ke belakang atau dari vagina ke dubur. Hal ini dilakukan agar tidak terjadi perpindahan bakteri dari dubur ke vagina. Anda juga bisa membilas area vagina dengan menggunakan air rebusan daun sirih. Caranya rebus tiga hingga lima lembar daun sirih, tunggu hingga dingin lalu basuh pada area kewanitaan anda.

Jaga kebersihan

Seperti juga area tubuh lainnya yang ditumbuhi rambut-rambut halus, vagina pun ditumbuhi rambut-rambut halus. Pastikan anda menjaga kebersihan area vagina termasuk kebersihan rambut-rambut halus tersebut. Rambut-rambut halus yang ditumbuh di area vagina semakin lama bisa semakin lebat. Untuk itu ada sebagian wanita yang mencukur atau melakukan wax pada rambut halus di area vagina.

Rambut pada vagina yang terlalu lebat bisa menyebabkan timbulnya  masalah kebersihan dan kelembaban. Jika tidak dirawat dengan baik, maka rambut kemaluan bisa berisiko sebagai sarang berkembangnya parasit yang menjadi sumber penyakit. Untuk kondisi tersebut, menghilangkan rambut kemaluan secara aman, benar bahkan permanen bisa dijadikan sebagai alternatif.

Bagi anda yang tertarik untuk menghilangkan rambut kemaluan bisa dilakukan tanpa keahlian khusus, seperti rutin mencukurnya, mengguntingnya, hingga datang ke tempat perawatan untuk melakukan pencabut rambut kemaluan.

  1. Mencukur rambut kemaluan
    Melakukan pencukur pada rambut kemaluan, memang cara paling mudah dan murah. Namun, biasanya mencukur rambut kemaluan berakibat pada cepat tumbuhnya rambut kemaluan, sehingga menimbulkan rasa gatal. Jika anda ingin mencukur rambut kemaluan utamakan kebersihan, termasuk alat untuk mencukur harus higienis dan steril.
  2. Menggunting rambut kemaluan
    Melakukan pengguntingan pada rambut kemaluan, memang cara paling mudah selanjutnya.  Namun karena rambut kemaluan tidak terlalu panjang dan area vagina terlalu kecil, biasanya menyulitkan anda untuk mengguntingnya serta berbahaya karena ada kemungkinan organ intim terluka karena mata gunting.
  3. Menghilangkan rambut kemaluan secara permanen
    Brazilian Waxing merupakan cara untuk menghilangkan rambut kemaluan dengan menggunakan wax (lilin) yang dipercaya mampu menghilangkan rambut kemaluan secara permanen dengan hasil yang mulus. Namun teknik ini agak menyakitkan karena rambut kemaluan harus dicabut secara paksa. Tetapi seiring perkembangan zaman, muncul  Brazilian Hair Removal  Treatment yang bisa menghilangkan rambut kemaluan wanita secara permanen dengan teknologi  berbasis cahaya. Dimana sinar yang diarahkan ke rambut kemaluan akan merontok rambut kemaluan hingga ke akarnya.