Artikel

Kenali Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Penting Buat Tubuh!

Kenali Manfaat Minum Air Hangat di Pagi Hari, Penting Buat Tubuh!

Apakah kamu sering minum air putih hangat ketika bangun tidur? Kalau kamu termasuk orangnya, kamu beruntung. Kenapa? Karena air hangat di pagi hari akan membantu memulai harimu menjadi lebih sehat. Kali ini Jelita-V akan mengulas seputar info apa saja manfaat minum air hangat di pagi hari setelah kamu terbangun dari tidur. Yuk, simak selengkapnya di sini.

1. Pahami Pentingnya Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Banyak yang dari kita suka minum kopi ataupun air dingin guna menyegarkan tubuh sata bangun tidur. Namun, apakah kamu tau bahwa itu merupakan kebiasaan yang buruk. Lebih baik kamu biasakan diri mulai dari sekarang minum air putih hangat. Air hangat di pagi hari dapat membantu memulai harimu menjadi lebih sehat.

Memahami pentingnya minum air dalam jumlah yang cukup kurang lebih 8 gelas sehari tentu sangat sehat akrena itu merupakan saran terbaik untuk menjaga tuhuh terhidrasi secara optimal. Kamu juga bisa mencampurkan air hangat dengan sedikit perasan jeruk nipis. Kendati demikian, kamu perlu memperhatikan pola suhunya, atur tingkat panasnya jangan minum air yang terlalu panas karena secara otomatis kamu bisa merasakan lidahmu serasa terbakar dan bisa jadi melepuh.

Air sendiri memiliki peran penting dalam kehidupan kita, karena sebagian besar tubuh kita terdiri dari air, dan tanpa adanya air kita semua jelas mengalami dehidrasi. Fungsi dari air sendiri yaitu untuk menyalurkan mineral, vitam dan zat gizi lainnya ke seluruh tubuh. Dan keseimbangan suhu tubuh sangat bergantung pada air, karena itu merupakan pelumas jaringan tubuh dan bantalan tulang dan otot.

Minum air secara cukup bisa meningkatkan fungsi hormon, memperbaiki kemampuan hati untuk melepaskan lemak serta mengurangi rasa lapar. Sebaliknya, jika kita malas meminum air maka dapat menyebabkan dehidrasi, infeksi saluran urin, terbentuknya batu ginjal dan masalah seputar kulit.

2. Jadwal Minum Air Putih Yang Benar

Menjalani hidup sehat sangat penting dalam kehidupan kita, terlebih cairan memiliki peran aktif dalam tubuh kita. Untuk memenuhi asupan cairan tubuh, kita perlu melakukan dengan rutin minum air putih secara teratur dan benar dengan jumlah yang cukup. Namun tahukah kamu bahwa ada anjuran minum ait putih yang benar supaya hidup semakin sehat? Berikut aturan minum air putih yang tepat, di antaranya :

  • Setelah Bangun Tidur Di Pagi Hari

Ketika terlelap, tubuh kita tidak mendapatkan asupan cairan selama 7-8 jam sehingga ketika bangun tidur kita merasa haus dan itu merupakan indikasi tubuh yang kekurangan cairan. Maka dari itu, saat terbangun kita wajib minum air putih sebanyak 1-2 gelas setiap harinya. Selain itu, minum air putih sesudah bangun dapat membantu proses metabolisme tubuh dan membuang racun dalam tubuh.

  • Wajib Minum Air 1 Gelas Sebelum Mandi

Minum 1 gelas air sebelum mandi bisa membantu mengurangi tekanan darah, karena kesegaran air putih jika dipadukan dengan hangatnya air yang didapat saat mandi akan mencairkan kandungan Natrium dalam tubuh. Air putih yang diminum harus dalam kondisi hangat yang bertujuan untuk melebarkan pembuluh darah.

  • Minum Air Putih Sebelum Dan Sesudah Makan

Perlu kamu ketahui, meminum air putih saat aktifitas makan bisa melemahkan kinerja cairan pencernaan. Kamu bisa meminum air putih 30 sebelum makan dapat membantu kerja sistem pencernaan lebih baik. Yang berarti asupan makanan yang masuk tidak terlalu banyak. Tak hanya sebelum makan, kamu juga perlu meminum air saat sudah selesai makan. Tujuannya supaya tubuh dapat menyerap nutrisi makanan yang baru dikonsumsi.

  • Minum Air Putih Sebelum Dan Sesudah Berolahraga

Kegiatan yang dapat menyebabkan tubuh mengalami kekurangan cairan yaitu dengan berolahraga, karena saat berolahraga kamu akan berkeringat dan tentunya sangat merasakan dehidrasi. Untuk dehidrasi tersebut kamu perlu mengonsumsi air putih 1 gelas sebelum berolahraga. Setelah selesai olahraga, tubuh perlu asupan air untuk menjaga kelembapan untuk mengganti cairan tubuh yang keluar, maka dari itu kamu perlu minum air yang cukup juga. Minum air yang banyak sebelum dan sesudah berolahraga dapat meningkatkan daya otot tubuh.

  • Banyak Minum Air Putih Saat Merasa Lelah

Minum air putih secara teratur dalam jumlah yang cukup membantu kerja organ tubuh dan otak dengan baik. Lebih dari 60% fungsi tubuh bergantung pada air, tak terkecuali otak dan sistem saraf. Jika kita kurang minum air maka dapat menyebabkan tubuh mengalami kelelahan, kurang konsentrasi, sakit kepala dan tentunya dehidrasi yang sangat menganggu kesehatan. Maka dari itu kamu wajib minum air putih yang cukup.

  • Minum Air Putih Saat Sakit

Air putih mampu meningkatkan daya tahan tubuh, jadi saat kamu sakit secara otomatis cairan tubuh kamu berkurang. Maka minum air putih saat sakit dapat membantu memperbaiki daya tahan tubuh lebih cepat.

3. Manfaat Minum Air Putih Hangat di Pagi Hari

Sebagian orang mengawali hari dengan secangkir kopi atau teh panas. Adapula yang mengambil air putih dingin saat bangun tidur. Hal itu bukannya tidak baik, namun lebih baiknya lagi jika kamu minum air putih hangat di pagi hari. Karena mampu menjaga metabolisme sampai sistem kekebalan dalam tubuh. Lebih jelasnya lagi, berikut manfaat minur air putih hangat di pagi hari, diantaranya :

  • Meningkatkan Fungsi Otak

Minum air putih secara teratur mampu menceha gangguan pada otak, seperti kehilangan konsentrasi hingga sakit kepala karena dehidrasi.

  • Menjaga Berat Badan Ideal

Minum air putih bukan berarti dapat membuat badan jadi langsung namun guna membantu menjaga kestabilan berat badan. Minum air putih hangat mampu mencegah perut kembung dan mencegah kelebihan kapasitas air dalam tubuh. Jika ingin membakar kalori, kami sarankan meminum air putih hangat dengan perasan lemon di pagi hari.

  • Menjaga Kesehatan Kulit

Saat kamu mengalami dehidrasi, kulit akan terlihat kering dan keriput. Minum air putih secara teratur dapat menjaga kesehatan kulit yang selalu memerlukan asupan cairan.

  • Melancarkan Peredaran Darah

Minum air putih dapat membantu melancarkan peredaran darah dengan begitu tekanan darah lebih sehat dan resiko terhindar dari penyakit kardiovaskular turun.

  • Menjaga Kesehatan Ginjal

Cairan dalam tubuh menarik sisa produk limbah melewati ginjal yang dikeluarkan melalui urine. Sistem kerja ginjal akan membersihkan tubuh dari racun selama cairan dalam tubuh tercukupi. Maka dari itu, sangat penting minum air putih dapat menjaga kesehatan ginjal.

Minum air putih hangat di pagi hari memang memiliki sejumlah manfaat bagi kesehatan. Namun, kamu perlu memperhatikan suhu minuman air putih yang dikonsumsi. Air putih memang terlihat sebagai minuman biasa, tapi manfaatnya luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Sekarang kamu sudah tahu lebih jelas manfaat minum air putih hangat di pagi hari. Mulai sekarang jangan malas lagi minum air putih ya. Karena langkah sederhana ini mampu mengubah hidup kita menjadi lebih sehat. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu.

Ikuti informasi menarik seputar kesehatan reproduksi perempuan hanya di Jelita-V.com! 

Fakta apalagi yang kamu ketahui tentang air hangat?