Artikel

Keramas Saat Haid Dilarang, Mitos atau Fakta?

Keramas Saat Haid Dilarang, Mitos atau Fakta

Mitos adalah hal yang berkembang di masyarakat dan sering dipercaya hingga turun temurun sehingga menyebabkan suatu pemahaman yang salah. Tentunya mitos bukan berarti muncul tanpa dasar, bisa saja terdapat suatu kejadian yang membuat mitos itu tanpa sengaja berkembang dan menjadi pemahaman, oleh karena itu demi menghormati mitos yang dikatakan secara turun temurun, maka dari itu kita harus berusaha untuk mencari tahu akan kebenarannya. Apalagi di Indonesia mitos itu sangat dipercaya dan dipegang teguh karena banyaknya ajaran tradisional yang masih berakar di Indonesia hingga saat ini.

Begitu juga halnya dengan Mitos dan fakta menstruasi yang beredar di Indonesia, ada beberapa hal yang dikatakan boleh maupun tidak boleh dilakukan saat menstruasi sehingga wanita-wanita yang mengalaminya merasa bingung akan kebenaran dari hal tersebut, apakah benar tidak boleh dilakukan atau bagaimana? Berikut ini beberapa penjelasan mengenai Mitos dan fakta menstruasi agar Anda mendapat sedikit pencerahan mengenai kebenarannya.

Soda Untuk Kelancaran Menstruasi

Mitos dan fakta menstruasi ini memang dipercaya oleh hampir semua wanita di Indonesia. Namun begitu mereka semua tetap bertanya-tanya apakah soda untuk melancarkan menstruasi itu merupakan mitos atau benar-benar fakta. Sebenarnya belum ada penelitian yang menyatakan bahwa minuman soda dapat memperlancar menstruasi.

Perlu diketahui bahwa soda sebenarnya tidak terlalu baik untuk dikonsumsi, apalagi jika Anda mengkonsumsinya dalam jumlah yang banyak. Karena soda bisa mengganggu keseimbangan gizi pada tubuh dan menyebabkan penyakit. Minuman soda juga kebanyakan mengandung gula yang berlebihan sehingga bisa menyebabkan orang yang meminumnya dalam jumlah banyak bisa mengalami diabetes. Kalori dalam soda juga tidak baik untuk tubuh. Pada dasarnya yang dapat membuat menstruasi menjadi lebih lancar adalah kebugaran tubuh dan psikis wanita itu sendiri.

Jangan Mengkonsumsi Minuman Dingin Saat Menstruasi

Apakah benar jika minum minuman dingin pada saat menstruasi itu bisa menyebabkan wanita mengalami mestruasi yang tidak lancar dan bahkan bisa menyebabkan penyakit? Mitos tersebut adalah tidak benar. Selama ini Anda mungkin selalu ragu dan membuat Anda sama sekali menghentikan konsumsi minuman dingin Anda selama Anda menstruasi padahal itu tidak begitu berpengaruh pada kelancaran mentruasi Anda.

Lancar atau tidaknya menstruasi seseorang itu lebih tergantung pada jumlah hormon estrogen dan juga hormon progesteron di dalam tubuh wanita. Jika kedua hormon tersebut tidak ada dalam keadaan seimbang dalam tubuh, maka hal itu bisa menyebabkan menstruasi Anda menjadi tidak lancar namun itu sama sekali tidak ada kaitannya dengan konsumsi minuman dingin saat Anda menstruasi.

Jangan Keramas Saat Haid

Pada saat menstruasi tubuh rasanya tidak segar dan nyeri di sana-sini. Rasanya berendam air hangat bisa menjadi solusi yang menarik pada saat Anda sedang menstruasi. Namun di Indonesia terdapat sebuah mitos yang beredar tentang keramas yang tidak boleh dilakukan oleh seorang wanita ketika sedang mengalami menstruasi.

Apakah Anda juga merupakan orang yang percaya dengan mitos tersebut? Anda yang mengalami menstruasi sendiri juga mengetahui dengan benar bagaimana tidak nyamannya Anda saat sedang menstruasi. Jadi Anda bisa bayangkan sendiri bagaimana rasanya saat Anda Anda sedang menstruasi namun tidak bisa membersihkan rambut. Padahal paling cepat menstruasi terjadi selama 5 sampai 7 hari, apakah Anda tahan tidak membersihkan rambut Anda selama itu? Apalagi Indonesia adalah negara tropis yang cuacanya sering panas sehingga membuat Anda sering berkeringat.

Oleh karena itu rambut pun cepat sekali terasa kotor dan lepek. Jika selama beberaa hari menstruasi Anda tidak membersihkan rambut Anda bisa dibayangkan betapa tidak nyamannya Anda dalam beraktivitas. Maka dari itu jangan percaya dengan mitos itu karena keramas dan gangguan selama menstruasi sama sekali tidak ada hubungannya.