Artikel

Ketahui 5 Fakta Flek Coklat Saat Menstruasi

ketahui-5-fakta-flek-coklat-saat-menstruasi

Siklus menstruasi wanita yang datang pada tiap bulan nyatanya tidak selalu berjalan lancar. Kadang ada yang merasa telat dalam datang bulan ada juga yang dalam sebulan itu bisa haid dua kali. Selain itu biasanya ada yang menstruasinya berlangsung lama dan ada yang menstruasi nya berlangsung singkat. Apalagi jika darah yang keluar tidak seperti biasanya, yaitu berupa flek coklat. Berikut ini ada 5 fakta flek coklat saat menstruasi yang perlu kamu ketahui.

1. Flek coklat biasanya muncul sebelum atau setelah haid

Jika diperhatikan biasanya sebelum atau setelah haid akan muncul seperti flek coklat yang membekas pada celana dalam. Hal tersebut biasanya di ketahui ketika sedang berada di dalam kamar mandi. Flek coklat biasanya terjadi selama 1 atau 2 hari saja. Jadi kamu tidak perlu mengkhawatirkan hal tersebut karena merupakan hal yang biasa.

2. Selain karena siklus haid flek coklat biasanya muncul karena stress

Selain karena siklus haid flek coklat biasanya juga bisa muncul karena adanya stress dan kelelahan yang berlebihan pada seseorang. Biasanya stres disertai dengan kelelahan, maka kamu perlu menerapkan pola istirahat dan mood control yang lebih baik lagi.

3. Jika flek coklat setelah haid dan berlangsung lebih dari 2 hari

Jika flek coklat setelah haid dan berlangsung lebih dari 2 hari maka tandanya kamu mengalami spotting. Yaitu pendarahan diantara periode menstruasi. Spotting yang normal biasanya dipengaruhi oleh hormon yang berubah ketika sedang stress atau setelah melakukan aktivitas berat. Spotting dikatakan tidak normal apabila pendarahan yang terjadi terlihat lebih banyak, dan hal tersebut biasanya di pengaruhi oleh siklus haid yang tidak tetap.

4. Flek coklat bisa jadi pertanda penyakit radang panggul atau ovarium polikistik

Kamu harus lebih berhati – hati jika flek coklat tersebut terus terjadi. Apalagi kalau disertai gejala perih, gatal, atau pendarahan sehabis berhubungan intim sama pasangan. Penyakit seperti radang panggul atau sindrom ovarium polistik bisa menghantuimu.

5. Jika flek coklat keluar terus menerus

Jika flek cokelat keluar terus-menerus, disertai dengan sering terjadi setiap bulannya, lebih baik kamu periksa ke dokter untuk mengetahui kondisi tubuh (terutama area intim) yang sebenarnya. Ada baiknya kemunculan flek cokelat tadi kamu jadikan pembelajaran agar lebih berhati-hati lagi menjadi seorang perempuan. Jangan pula sepelekan siklus haid tiap bulannya, biar kesehatan organ intimmu selalu terjaga.