Artikel

Mengenal keputihan dan Jenis-Jenisnya Pada Wanita

Mengenal keputihan dan Jenis-Jenisnya Pada Wanita

 

Sama halnya dengan mestruasi, maka semua wanita pasti akan mengalami keputihan. Baik itu menstruasi maupun keputihan keduanya memiliki manfaat tersendiri bagi tubuh, jadi jika Anda mengalami keputihan, cermati dulu dan jangan serta merta menganggap bahwa keputihan yang Anda alami adalah akibat dari penyakit berbahaya. Keputihan adalah kejadian keluarnya lendir dari organ intim wanita yang gunanya adalah untuk melindungi organ intim wanita dari infeksi. Lendir ini akan keluar dari leher rahim seorang wanita dan kemudian diteruskan untuk keluar dari dalam tubuh melalui organ intim wanita.

Lendir keputihan ini biasanya berwarna bening keputihan, tidak berbau dan tidak menimbulkan gatal. Namun sebaliknya jika keputihan yangAnda alami itu lendirnya terasa mengeluarkan bau yang tajam dan kemudian juga membuat organ intim Anda terasa gatal, maka Anda perlu mewaspadai hal tersebut sebagai keputihan yang tidak normal. Keputihan normalnya adalah untuk melindungi adanya infeksi namun saat Anda mengalami keputihan yang tidak normal itu berarti Anda mengalami infeksi atau mungkin juga itu merupakan suatu tanda penyakityang mesti Anda waspadai. Di bawah ini Anda cermati beberapa jenis keputihan yang perlu diwaspadai.

Keputihan Yang Mengandung Darah

Sebenarnya keputihan yang terkadang keluar beserta dengan darah atau warna lendirnya nampak sedikit kecoklatan itu merupakan hal biasa yang terjadi karena adanya siklus haid yang tidak beraturan. Namun Anda tetap harus waspada jika Anda pernah mengalami keputihan yang demikian yang bahkan terjadi selama beberapa kali, karena hal itu juga bisa menjadi suatu indikasi adanya kanker rahim atau kanker serviks. Maka dari itu jika mengalami Keputihan dan Jenis keputihan yang termasuk tidak normal ini maka Anda segera bisa memeriksakan diri ke dokter untuk mengetahui kejelasan dari kondisi tubuh Anda.

Keputihan Yang Terasa Nyeri

Jika pada saat Anda sedang buang air kecil, bagian panggul Anda terasa nyeri dan keluar cairan keputihan yang membuat Anda merasakan nyeri, atau Anda juga mengalami pendarahan yang terjadi di luar siklusnya maka Anda perlu mewaspadai adanya kemungkinan Anda menderita klamidia atau gonore. Anda harus secara serius memeriksakan kesehatan Anda ke dokter jika Anda mengalami hal yangdemikian, sebab penyakit yang telah disebutkan sebelumnya itu bisa menyebabkan suatu infeksi yang parah terhadap organ reproduksi Anda ini. Jika Anda tidak ingin hal tersebut maka jangan bersikap acuh saja saat Anda merasakan nyeri ketika keputihan.

Lendir Keputihan Yang Berwarna Kuning Atau Hijau

Suatu penyakit bernama trikomoniasis, bisa ditandai dengan adanya keputihan yang lendirnya berwarna tidak normal seperti hijau atau kuning, berbau tidak sedap dan dalam jumlah yang banyak. Kemudian gejala itu juga akan diikuti dengan adanya gatal dan pembengkakanyang terjadi d sekitar organ intim wanita. Penyakit trikomoniasis ini terjadi akibat adanya infeksi yang disebabkan oleh parasit. Infeksi itu bisa diatasi dengan obat antibiotik yang diberikan oleh dokter. Maka dari itu jika Anda ingin terhindar dari penyakit ini maka selalu perhatikanlah kebersihan organ intim Anda.

Keputihan Dengan Rasa Gatal

Sudah dikatakan sebelumnya bahwa pada umumnya lendir yang keluar pada saat Anda mengalami keputihan itu berwarna putih atau bening. Namun jika kemudian keputihan yang Anda alami tersebut menimbulkan gatal, maka hal itu juga perlu diwaspadai. Karena hal itu bisa jadi disebabkan oleh adanya jamur. Untuk mengatasi keputihan semacam ini maka Anda bisa menggunakan obat untuk anti jamur agar keputihan yang mengakibatkan rasa gatal itu bisa segera diatasi.