Mengenal Tanda Tanda Menstruasi

Mengenal Tanda Tanda Menstruasi. Siklus menstruasi adalah tanda dimana seorang wanita memproduksi sel telur dengan baik. Ketika sel telur tidak dibuahi oleh sperma maka sel telur bersama dinding rahim akan luruh sehingga menyebabkan internal bleeding atau pendarahan internal setiap bulannya. Hal inilah yang sering kali menyebabkan terjadinya rasa sakit pada bagian ketika menstruasi.

Apa saja tanda Рtanda menstruasi yang umum dirasakan?

Perubahan Emosi

Seorang wanita yang mengalami menstruasi sering kali diserang dengan sebuah sindrom yang kerap kali disebut dengan Sindrom Pra Menstruasi atau PMS. Hal ini disebabkan kerena setiap wanita yang mengalami menstruasi akan sering mengalami serangkaian gejala. Gejala yang paling nampak adalah gejala perubahan emosi yang tiba tiba.

Seorang wanita yang akan mengalami menstruasi bisa saja tiba tiba menangis atau tiba tiba tertawa terbahak bahak, hal ini disebabkan karena adanya perubahan hormon pada tubuh wanita. Tubuh wanita yang akan mengalami menstruasi biasanya mengeluarkan hormon kehamilan untuk menjaga calon bayi agar dapat berkembang di dalam tubuh ibu. Hal ini digunakan untuk berjaga jaga jika sel telur berhasil dibuahi.

Selain perubahan emosi yang terjadi tiba tiba tersebut, seorang wanita akan mengalami beberapa masalah psikologis seperti masalah tidur, sulit berkonsentrasi dan masalah ingatan menjelang menstruasi.

Perubahan Fisik Wanita Menjelang Menstruasi

Lagi lagi hormon kehamilan menyebabkan terjadinya peruahan fisik pada wanita. Wanita yang akan mengalami menstruasi akan mengalami perubahan yang besar di sekitar wajahnya, misal jerawat yang muncul ketika akan mengalami menstruasi. Selain itu pembengkakan kaki dan tangan sangat biasa terjadi pada wanita yang sedang mengalami menstruasi.

Ketika mengalami menstruasi juga sangat mungkin wanita mengalami pembengkakan pada payudara dan juga putingnya akan terasa sakit.Pada bagian kewanitaan yang ditumbuhi rambut, rambut di daerah tersebut juga cenderung lebih kasar dan lebih tebal ketika menjelang siklus menstruasi.

Yang paling merepotkan ketika mengalami menstruasi adalah adanya rasa pegal di sekitar punggung bawah dan nyeri di bagian perut bawah. Pada beberapa kasus yang parah penderita sakit punggung bisa saja sulit untuk bergerak dan juga pingsan karena rasa sakit yang tidak tertahankan.

Muncul Keputihan

Salah satu tanda tanda akan terjadinya menstruasi adalah adanya keputihan pada wanita. Keputihan adalah cairan berlendir yang memiliki warna putih. Terkadang keputihan akan menyebabkan bau dari alat reproduksi. Keputihan ini lama kelamaan akan berubah warna menjadi mendekati coklat. Jika hal ini sudah terjadi maka anda harus segera bersiap karena haid akan segera datang.

Selain melihat dari tanda tanda dan gejala terjadinya menstruasi. Anda juga bisa melihat tanda tanda menstruasi dengan melakukan pengkalenderan. Dengan mencatat semua siklus menstruasi anda, anda bisa melihat kapan anda mendapatkan menstruasi. Siklus menstruasi yang normal akan terjadi setiap 28 hari. Jika ada seseuatu yang mengganggu anda, seperti stress karena pekerjaan dan kehidupan normal anda, hal ini bisa saja menyebabkan siklus menstruasi anda menjadi tidak teratur.

Untuk beberapa kasus memang gejala gejala menstruasi ini tidak akan terlihat jelas, akan tetapi pada beberapa orang bisa saja menyebabkan rasa tidak nyaman yang keterlaluan seperti rasa sakit pada perut yang luar biasa. Jika hal ini terjadi maka sebaiknya anda segera memeriksakan diri anda karena bisa saja perut anda kesakitan karena hal lain yang mungkin berbahaya seperti kista dan myom.

Tinggalkan komentar