Artikel

Menstruasi Pertama Kamu Datang? Jangan Takut Lagi GIRLS!

menstruasi pertama

Kenapa tiba-tiba di celana dalam ada bercak darah?? Jangan-jangan…

Kamu pasti pernah kaget dan takut ketika mendapati bercak darah yang keluar dari Miss V, padahal kamu tidak terluka ataupun sakit. Tenang Girls, jika kamu sedang mengalami kondisi seperti ini tidak perlu panik. Karena remaja putri seumuran kamu, sekitar 10-16 tahun bisa jadi itu darah menstruasi pertama.

Menstruasi adalah gejala metabolisme yang terjadi pada perempuan, sebagai pertanda bahwa kamu sudah matang secara seksual. Rahim kita sudah dapat menghasilkan sel telur matang yang siap dibuahi. Jika sel telur itu tidak dibuahi oleh sel sperma, dia akan luruh bersama darah dan dinding rahim melalui vagina. Proses inilah yang dinamakan menstruasi.

Ketika kamu mendapatkan menstruasi pertama, jangan sungkan untuk bertanya pada mama, kakak perempuan, tante atau bahkan dokter maupun ibu guru konseling yang ada di sekolahmu. Membicarakan masalah menstruasi bukan topik yang bikin malu kok Girls, karena memang penting supaya kamu bisa belajar pengetahuan menstruasi dengan benar.

Nah, agar menstruasi pertama kamu tak sampai menghambat aktivitasmu sehari-hari, yuk persiapkan 4 hal ini dari sekarang!

Persiapan pertama, yang paling penting selalu sediakan pembalut di tasmu. Ini adalah modal wajib kamu, agar sewaktu-waktu menstruasi pertama datang kamu bisa langsung pakai pembalut. Tapi ingat, jangan asal pilih pembalut ya Girls. Apalagi karena alasan praktis dan ekonomis kamu mengabaikan masalah kesehatan kewanitaan. Agar terhindar dari bahaya bahan kimia yang ada pada pembalut instan, sejak awal kamu bisa pilih menggunakan pembalut kain. Bahan kaos yang nyaman pada pembalut kain, membuatmu bebas beraktivitas seharian tanpa merasa risih, takut bocor, dan yang paling penting bahan kaos pada pembalut kain tidak membuat kulit iritasi karena kain yang digunakan hampir mirip dengan celana dalam.

Persiapan kedua, di periode menstruasi gantilah pembalut setiap 4 jam sekali. Memang kemungkinan bakal ribet dan sedikit nyeri ketika menstruasi pertama, tapi jangan abaikan kebersihan miss V karena ketika kita menstruasi kondisi Miss V sedang mengeluarkan darah kotor dan rentan terkena bakteri.

Persiapan ketiga, menstruasi datang bukan jadi halangan dan alasan buat kamu untuk gagal eksis. Justru agar nyeri menstruasi yang datang bisa kamu lupakan, tetaplah beraktifitas agar pikiran tentang menstruasi bisa teralihkan, jadi ngga stress deh Girls. Daripada kamu seharian mengurung diri di kamar dan tidur, lebih baik kamu beraktivitas bersama teman-teman, untuk mengembalikan mood kamu yang sedang naik turun.

Persiapan keempat, ini yang tidak kalah penting tetap berolahraga, istirahat cukup dan menjaga kesehatan agar badan kita fit selama menstruasi. Pasalnya, kalau badan kita fit, menstruasi juga ngga bakalan jadi masalah, stamina kuat dan rasa nyeri juga bisa berkurang.

Mudah bukan?? So, ngga perlu takut lagi kalau menstruasi pertama kamu datang!

Yang terpenting perbanyak informasi seputar tips menstruasi, jaga pola hidup sehat, dan yang terakhir pilih pembalut yang aman untuk kesehatan organ kewanitaan!

Informasi Distributor dan Agen  Pembalut Kain Jelita V :

Jelita-V.com

Alamat : Puri Gentan Asri No. 21 Bulusan, Sardonoharjo, Ngaglik, Sleman, Yogyakarta

Call Support :

  • SMS / WA : 0813.2887.3888 / 0857.0003.5250
  • PIN BBM  : 5E3F3CB4 / 5E0233D0