Artikel

Pengen Wajah Tetap Mulus Meski PMS? Ini 8 Tips Membasmi Jerawat Saat Haid

tips mengatasi jerawat saat haid

PMS atau haid ternyata tidak hanya merusak mood kaum hawa, tapi juga menjadi masa-masa krusial buat muka kita. Tak jarang kalangan wanita dibuat panik dengan kehadiran jerawat-jerawat nakal yang mulai bermunculan saat PMS. Meskipun kecil, tapi jerawat-jerawat di wajah seringkali membuat ladies Bete, apalagi bekas jerawat nggak bisa hilang gitu aja.

Apa kamu juga merasakan hal yang sama saat jerawat datang bersamaan si bulan?  Ada nggak ya cara ampuh agar masa PMS dan haid kamu nggak digangguin kemunculan jerawat-jerawat nakal lagi? Langsung simak yuk, 8 cara membasmi jerawat saat sedang haid!

Ingat, Jerawat Saat PMS dipengaruhi oleh hormon

Saat kita sedang dalam periode PMS ataupun menstruasi, hormon yang ada di dalam tubuh kita meningkat. Itulah kenapa kelenjar minyak pada kulit kita berproduksi lebih banyak, yang bikin pori-pori kita jadi tersumbat dan bikin jerawatan. Makanya hindarin makanan berminyak macam gorengan, junk food dan juga kacang-kacangan. Jangan lupa siapin juga kertas minyak atau face paper yang bisa menyerap kelebihan minyak di wajah kita, dan mencegahnya jadi jerawat.

Pastikan kamu menggunakan skin care anti agne!

Karena seringnya jerawat hormonal meradang, jadi ada baiknya produk wajah yang kita pake mengandung bahan anti acne kayak benzoyl peroxide dan salicylic acid yang ampuh mencegah dan mengobati jerawat. Jangan lupa juga selalu sedia gel anti jerawat buat jaga-jaga apabila jerawat mulai keliatan di wajah. Semakin cepet ditanganin akan semakin baik.

Jagalah kebersihan wajah dan rambut, karena rambut kotor bisa menyebabkan jerawat!

Kebersihan wajah dan rambut juga harus dijaga nih. Rambut yang kotor dan mengenai wajah kita akan mentransfer kotoran ke kulit dan nyebapin jerawat. Minimal cuci rambut kita dua kali sehari, dan selalu cuci wajah sehabis beraktivitas dan sebelum tidur.

Hindari stres, karena hormon wanita sedang tidak stabil saat PMS

Hormon kita emang lagi turun naik pas PMS dan masa menstruasi, tapi bukan berarti kita harus jadi stres akut. Stres yang kita pikirin banget malah akan nyebapin munculnya jerawat di wajah kita.

Perbanyak minum air putih, agar kulit tidak dehidrasi

Jangan remehin kekuatan air putih. Minum minimal 8 gelas sehari akan menghindari kulit kita dari kekusaman kulit wajah dan dehidrasi. Ditambah lagi pada saat menstruasi kita juga kehilangan banyak cairan. Wajah yang kusam dan kering akan ngebuat kulit wajah kita rentan akan timbulnya jerawat.

Pilih Masker alami sesuai jenis kulitmu

Kalo emang ke dokter kulit atau dermatologist PR banget buat kita, kita bisa kok ngakalin treatment anti jerawat dengan perawatan sendiri di rumah. Pillih masker yang sesuai sama jenis permasalahan kulit kita. Lakuin 2-3 kali dalam satu minggu. Hari gini juga kita udah bisa nemuin banyak banget masker siap pake yang bisa dibeli drugstore, supermarket atau bahkan minimarket.

Agar tak meradang, hindari dulu panas matahari

Meski punya banyak manfaat, sinar matahari, terutama pada kulit muka kita, bisa jadi jahat juga. ‘Calon’ jerawat yang tadinya nggak akan meradang, bisa jadi terpicu saat kita panas-panasan di bawah sinar matahari. Ditambah lagi minyak dan keringat yang bercampur jadi satu, makin bikin si jerawat muncul ke permukaan dan jadi meradang. Jadi, sebisa mungkin hindari sinar matahari langsung. Atau kalopun harus, jangan lupa pake sunblock, topi ataupun payung.

Magic make up wajib untuk nutupin jerawatmu

Kalo kita kepaksa harus nutupin jerawat kita pake makeup, make sure concelear atau foundation yang kita pake nggak akan bikin kulit dan jerawat kita makin meradang. Tapi sebelum diaplikasiin, jangan lupa mengompres jerawat kita dengan es batu buat ngeredain kulit yang memerah, pake moisturizer, primer, baru deh gunain concelear dan foundation untuk menyamarkan warnanya.