Artikel

Penyebab Menstruasi Datang Terlambat

penyebab-menstruasi-datang-terlambat

Penyebab menstruasi datang terlambat pada setiap wanita biasanya memang berbeda-beda. Namun tak bisa dipungkiri ada beberapa faktor penyebab khusus yang paling sering dialami oleh para wanita. Yang perlu Anda pahami di sini adalah siklus menstruasi terkadang bisa meleset dari jadwal bulanan yang mungkin sudah Anda hapal sebelumnya. Anda tidak perlu panik, dan sebaiknya pastikan dulu apa penyebab terlambat datang bulan yang terjadi.

Penyebab Terlambat Datang Bulan yang Perlu Diketahui Wanita

Pada kondisi normal, datang bulan biasanya terjadi dalam kurun waktu satu bulan sekali. Menstruasi akan terjadi karena dinding rahim tidak dibuahi, sehingga akhirnya meluruh. Peluruhan tersebutlah yang kemudian menjadi darah yang keluar dari kemaluan wanita. Ini proses yang normal dan wajar terjadi. Namun jika menstruasi yang biasanya didapatkan sebulan sekali, kemudian jadwalnya mundur atau terlambat, apa penyebabnya?

1. Kehamilan

Tak bisa dipungkiri bahwa salah satu pertanda atau ciri-ciri awal kehamilan adalah haid yang terlambat. Meskipun tidak semua kondisi haid yang terlambat bisa diartikan sebagai kondisi hamil. Oleh karena itu jika Anda curiga apakah penyebab terlambat datang bulan yang Anda alami adalah hamil atau bukan, lebih baik pastikan dengan melakukan tes urine menggunakan test pack. Jika Anda telat haid selama dua minggu dan ketika dites urine hasilnya negatif, kemungkinan besar Anda memang tidak sedang hamil.

2. Baru Menstruasi

Para remaja yang baru mengalami menstruasi biasanya juga sering mengalami kondisi telat haid. Lalu apakah artinya itu ciri-ciri hamil? Jangan terlalu ringan mengambil kesimpulan. Saat perempuan masih berusia remaja atau baru beranjak remaja dan baru saja mulai mengalami datang bulan, maka bisa dikatakan telat haid ini adalah kondisi yang sangat wajar. Penjelasannya adalah karena ketika baru pertama kali mulai menstruasi, keseimbangan hormon pada anak perempuan masih belum stabil seperi perempuan yang sudah mulai beranjak dewasa.

3. Masalah Kelenjar Tiroid

Selain karena kondisi hormon yang belum stabil pada remaja, penyebab terlambat datang bulan lainnya juga bisa disebabkan karena adanya masalah kelenjar tiroid. Biasanya kondisi ini terjadi pada wanita dewasa. Kelenjar tiroid yang terganggu ternyata bisa mempengaruhi siklus datang bulan. Bahkan berbagai masalah tentang haid juga bisa disebabkan oleh kelenjar tiroid. Di mana kelenjar tersebut memang bertugas menghasilkan hormon yang berguna untuk mengatur fungsi tubuh dengan tepat, termasuk siklus menstruasi.

4. Stres atau Depresi

Bukan hanya masalah fisik, tapi ternyata masalah psikis yang dialami oleh para wanita juga bisa mempengaruhi siklus datang bulan wanita. Biasanya penyebab terlambat datang bulan karena masalah psikis ini terjadi karena seorang wanita sedang mengalami stres atau depresi. Bahkan ketika Anda melakukan hubungan badan dan menginginkan ‘ada hasilnya’, kondisi stres dan deperesi ini akan sangat mengganggu. Bahkan usaha sekeras apapun akan sulit berhasil jika Anda melakukan hubungan badan dalam kondisi pikiran tertekan.

5. Masalah Berat Badan

Penyebab terlambat datang bulan lainnya adalah karena masalah berat badan. Baik masalah kelebihan berat badan ataupun kehilangan berat badan. Jika Anda mengalami masalah berat badan dalam kurun waktu sekitar sebulan terakhir, maka kondisi tersebut bisa mempengaruhi siklus datang bulan. Bahkan terlambat datang bulan bisa sering terjadi. Konsumsilah makanan yang sehat supaya siklus haid bisa tetap teratur. Seperti buah-buahan segar, sayuran dan biji-bijian. Hindari terlalu banyak makan junkfood karena dinilai bisa berdampak pada siklus haid.

6. Faktor Kelainan

Yang kami maksudkan di sini adalah kelainan anatomi dan non anatomi. Untuk faktor kelainan anatomi misalnya seperti penyakit kista ovarium, myoma uteri, dan juga kanker bisa membuat siklus haid terlambat atau tertunda. Sedangkan untuk faktor non anatomi bisa berupa gangguan hormonal seperti yang tadi sudah kami jelaskan. Faktor non anatomi lain yang bisa menjadi penyebab terlambat datang bulan adalah penggunaan alat kontrasepsi yang mengakibatkan pembekuan darah.