Artikel

Penyebab Terlambat Menstruasi Pertama Kali Bagi Anak

penyebab-terlambat-menstruasi-pertama-kali-bagi-anak

Normalnya, para remaja putri akan mendapatkan menstruasi pertamanya di usia 10-15 tahun. Menstruasi pertama anak remaja biasanya muncul sekitar 2 tahun setelah payudara anak tumbuh. Jika remaja putri anda berusia 16 tahun keatas namun belum juga mendapatkan haid pertamanya, maka anda harus segera memeriksakan keadaan putri anda apakah ada kelainan yang harus diwaspadai yang menjadi penyebab putri anda masih belum mendapatkan menstruasi pertama nya. Ada beberapa penyebab terlambat menstruasi pada anak remaja untuk pertama kalinya. Namun ada beberapa pula remaja putri yang haid nya datang lebih cepat atau lebih lambat. Berikut ini ada beberapa penyebab terlambat menstruasi pertama kalinya pada anak remaja:

1. Lubang selaput dara terlalu sempit

Kondisi ini disebut juga dengan Imperofrate Hymen, yakni kondisi dimana lubang selaput dara putri anda terlalu sempit sehingga tidak ada darah menstruasi yang keluar.  Walaupun mungkin putri anda mengalami gejala menstruasi seperti biasa, yaitu seperti nyeri di perut bagian bawah serta PMS. Jika hal ini terjadi maka darah menstruasi yang luruh setiap bulan akan terkumpul di dalam rongga rahim dan di vagina. Hal tersebut lama – kelamaan akan timbul rasa sakit di bagian perut bawah dan juga bisa mengakibatkan benjol di perut. Karena rahim akan membesar yang diakibatkan oleh penumpukan darah haid yang tidak bisa keluar. Cara mengatasi nya adalah dengan melakukan sayatan terhadap selaput dara tersebut.

2. Adanya ketidaknormalan pada organ reproduksinya

Ketidaknormalan ini bisa bermacam-macam, misalnya adanya rahim ganda, rahim terlalu kecil, serviks yang sempit, kelainan pada vagina atau bahkan kemandulan. Untuk itu pelu dilakukan diagnosa oleh dokter agar mengetahui secara pasti apakah penyebab haid yang belum pernah datang pada anak remaja bunda adalah karena adanya ketidaknormalan pada alat reproduksinya.

3. Adanya penyakit kronis yang diderita

Penyakit kronis yang dimaksud antara lain diabetes, asma, asthenia, infeksi, dan sickle cell anemia. Para wanita yang menderita penyakit-penyakit kronis dan memiliki berat badan yang terlalu rendah, maka biasanya juga akan mengalami keterlambatan menstruasi pertama.

4. Gizi

Anak – anak yang sedari kecil mungkin sudah mendapatkan pengobatan tertentu guna menunjang kesehatan dirinya atau untuk pemenuhan gizi, bisa mempengaruhi terlambatnya menstruasi pertama.

5. Kelainan genetik

Kelainan genetik yang menyebabkan seorang wanita mengalami keterlambatan menstruasi pertama disebut dengan amenorea. Tidak jelas diketahui apa yang menyebabkan amenorea, bisa jadi karena genetik, hormon, zat kimia, atau karena enzim tertentu. Untuk mengetahui penyebab pastinya, bisa dilakukan pemeriksaan menggunakan USG (ultrasonografi) dan juga sitogenetik, yaitu untuk mengetahui kromosom putri Anda. Bukan tidak mungkin ada seseorang yang secara fenotip (fisik) seperti wanita namun ternyata memiliki kromosom pria.