Artikel

Perhatikan 5 Larangan Bagi Wanita Haid Yang Perlu Kamu Hindari!

Perhatikan 5 Larangan Bagi Wanita Haid Yang Perlu Kamu Hindari!

Setiap sebulan sekali wajar jika setiap perempuan yang berada dalam usia subur akan mengalami menstruasi. Kondisi ini membuat tubuh merasa kram perut, tidak nafsu makan, hingga perubahan suasana hati. Ada beberapa larangan bagi wanita haid yang perlu kamu hindari. Karena pada siklus ini menyebabkan perubahan hormon yang berpengaruh dengan kondisi kesehatan kamu dan dapat membuat menstruasimu jadi tidak nyaman. Kali ini Jelita-V akan mengulas seputar beberapa larangan bagi wanita haid yang perlu kamu hindari agar kesehatan kamu tetap bisa terjaga. Yuk, simak selengkapnya di sini.

1. Siklus Menstruasi

Menstruasi merupakan tamu bulanan yang rutin terjadi pada wanita, dimana masing-masing wanita memiliki siklus menstruasi yang berbeda antara satu dengan lainnya. Ketika mengalami haid, para wanita mengalami nyeri perut, kembung, lesu dan nyeri payudara. Jadi tidak terkejut lagi jika sedang menstruasi pasti ingin rebahan di kasur seharian.

Siklus menstruasi awal di alami setiap perempuan yang memasuki masa pubertas. Biasanya pada usia 11-12 tahun atau sekitar 2-3,5 tahun setelah payudara mulai tumbuh. Menstruasi pertama kemungkinan bisa datang lebih cepat atau bahkan lebih lambat. Ada juga yang mengalaminya mulai umur 7 tahun dan ada juga yang baru mengalami di usia 12 tahun. Menstruasi tetap terus berlangsung sampai tiba kamu mengalami menopause yang terjadi di usia 40 tahun hingga pertengahan usia.

Tiap wanita disarankan untuk memperhatikan dan mencatat siklus haid tersebut guna memantau apakah ada kelainan atau kejanggalan yang muncul. Siklus mentruasi yang tidak biasa atau volume darah yang berlebihan bisa menandakan adanya masalah dalam kesehatan.

Kelainan pada siklus menstruasi wanita di usia awal dapat kita lihat dari mulai munculnya tanda-tanda seperti,

  • Belum mengalami menstruasi pada kurun waktu 3 tahun setelah berkembangnya payudara.
  • Belum mengalami menstruasi pada usia 14 tahun dengan disertai tanda-tanda tumbuhnya rambut tebal pada wanita.
  • Belum mengalami menstruasi pada usia 15 tahun.

Namun kembali lagi gejala atau kelainan menstruasi berbeda-beda untuk setiap wanita.

2. Beberapa Makanan Yang Termasuk Larangan Bagi Wanita Haid

Setiap mengalami siklus menstruasi seringkali membuat para wanita mengalami gejala yang membuat sensasi tidak nyaman. Dengan begitu, wanita kerap mencoba mengalihkan pikiran dari sensasi tidak nyaman dengan mengonsumsi makanan favoritnya dengan jumlah yang banyak.

Kendati demikian, wanita perlu berhati-hati terhadap makanan yang dikonsumsi selama masih menstruasi. Bisa jadi makanan tersebut justu menimbulkan gejala yang buruk bagi kesehatan kamu. Berikut beberapa makanan yang sebaikanya kamu hindari selama menstruasi, di antaranya:

  • Kopi

Ternyata jika kamu terlalu banyak mengonsumsi kopi dapat membuat menstruasi kamu bertambah parah karena kopi sendiri mengandung kafein yang tinggi. Jika kamu mengonsumsi kopi berlebihan, bisa menimbulkan penyakit vasokonstriksi atau penyempitan pembuluh darah. Sehingga kamu akan sering merasakan kram dan kembung saat menstruasi dan bisa bertambah parah.

Selain itu karena sifatnya diuretik, kopi dapat meningkatkan juga produksi urin dan menyebabkan dehidrasi.

  • Makanan Berlemak Tinggi

Makanan yang mengandung lemak tinggi dapat meningkatkan prostaglandin

dalam tubuh dan itu sangat penting untuk kamu hindari. Makanan yang berlemak

mampu meningkatkan hormon estrogen dalam tubuh sehingga kamu merasa nyeri pada payudara dan perut kembung. Makanan yang berlemak dapat membuat rahim berkontraksi. Sebaiknya kamu mengonsumsi makanan yang rendah lemak seperti buah, sayur-sayuran.

  • Makanan Tinggi Gula

Sebenarnya tidak apa jika kamu ingin mengonsumsu makanan manis selama masih ada batasnya. Karena, jika kamu terlalu banyak mengonsumsigula akan menyebabkan munculnya peningkatan energi dan penurunan energi secara spontan.

Mengonsumsi makanan yang memiliki kadar gula yang tinggi mampu memperparah lonjakan gula darah. Selain itu, gula bersifat inflamasi yang dapat meningkatkan resiko kram perut. Dapat pula menyebabkan tubuh menahan natrium dan air yang menyebabkan kembung dan suasana hati menjadi tidak nyaman. Jika ingin mengonsumsi yang manis, pilihlah makanan manis yang sehat dan rendah lemak seperti yoghurt.

  • Makanan Kaleng Dan Olahan

Selama masa haid kamu perlu menghindari makanan kaleng dan olahanuntuk sementara waktu. Karena jenis makanan tersebut mengandung kadar sodium yang sangat tingga hingga mampu membuat kamu merasa perut kembung. Selain itu, makanan olahan yang mengandung lemak tinggi mampu menyebabkan peradangan pada tubuh dan dapat memperburuk keadaan.

Kamu perlu mencoba mengonsumsi makanan alami yang bernutrisi seperti sayur, kacang-kacangan dan ikan.

  • Makanan Tinggi Garam

Sering mengonsumsi makanan asin atau memiliki kadar garam yang tinggi bisa membuat gejala haid semakin memburuk. Makanan yang asin mampu mendorong terjadinya retensi air yang menyebabkan perut kembung dan kram saat menstruasi. Mengonsumsi makanan yang tinggi kandungan garam dapat pula menyebabkan retensi atau penumpukan air. Jadi hindari menambah garam pada hidangan. Demikian pula dengan konsumsi makanan olahan yang cepat saji.

  • Makanan Pedas

Sebagian wanita ada yang menyukai makanan pedas, namun ada pula yang tidak begitu menyukai makanan pedas dikarenakan dapat menyebabkan sakit perut atau diare. Wanita yang mengonsumsi makanan pedas kerap merasakan sensasi panas di tubuh, sehingga makan makanan pedas hanya bisa menambah ketidaknyamanan yang dirasakan. Sebaiknya jangan mencoba makanan ini saat haid dikhawatirkan akan memperparah kondisi tubuh kamu.

  • Daging Merah

Saat mengalami siklus haid, tubuh secara otomatis memproduksi hormon prostaglandin yang membuat rahim berkontraksi dan mengeluarkan darah hair. Kadar prostaglanding yang tinggi akan berefek pada munculnya kram di perut. Daging merah juga mengandung zat besi. Maka dari it, daging merah termasuk makanan yang dilarang saat haid karena mampu memperburuk kondisi perut.

3. Larangan Bagi Wanita Haid Secara Umum

Tidak heran jika kamu yang mengalami siklus haid hanya ingin memiliki keinginan rebahan di kasur seharian. Untuk mencegah menstruasi semakin memburuk, ada beberapa larangan saat haid yang harus di lakukan. Karena dengan menghindari beberapa kebiasaan tertentu dapat membuat keluhan yang dirasakan selama haid menjadi ringan. Berikut larangan bagi wanita saat haid yang harus dipatuhi, di antaranya :

  • Memakai Pembalut Lebih Dari 3 Jam

Kamu perlu mengganti pembalut setiap 3 hingga 4 jam, bukan tanpa alasan melainkan mampu mencegah darah haid menempel di celana yang kamu gunakan. Terlalu lama menggunakan pembalut dalam kurun waktu yang lama bisa meningkatkan resiko infeksi. Namun jika kamu sering mengganti pembalut kamu dapat menurunkan resiko penumpukan bakteri dan produksi bau yang tidak sedap.

  • Kurang Tidur atau Begadang

Begadang atau kurangnya jam tidur kamu saat menstruasi mampu meningkatkan hormon stres sehingga membuat kamu jadi merasa tersiksa. Jika terus dibiarkan, keseimbangan hormon kamu akan semakin terganggu sehingga nyeri haid bisa semakin parah. Ingat, semakin kamu kurang memiliki jam tidur yang baik semakin membuat mood-mu menjadi kurang baik.

Pastikan kamu tidur dengan kurun waktu yang cukup mulai jam tidur 7 jam di malam hari. Kamu wajib menghindari begadang sebisa mungkin, agar tubuh mendapatkan istirahat yang cukup dan mampu beraktifitas dengan lebih nyaman.

  • Cabut Bulu (Waxing)

Saat siklus menstruasi, pasti kamu mengalami kondisi tubuh yang lebih sensitif dan mudah sakit. Jika kamu tahu tentang istilah waxing atau cabut bulu, rasanya jauh lebih menyakitkan jika dilakukan saat kamu menstruasi. Karena saat menstruasi saja tubuh kamu merasa sakit yang berlipat ganda, lebih baik kamu gunakan waktu untuk mendapatkan istirahat yang cukup dan berada dalam kondisi yang baik.

  • Berhubungan Intim Dengan Pasangan

Beberapa peneliti menunjukkan bahwa jika berhubungan intim saat menstruasi ,mampu meningkatkan tertular penyakit menular seksual. Karena peningkatan risiko ini terjadi karena ditularkan melalui darah dan itu lebih mudah berpindah. Jadi kamu perlu menahan dulu keinginan untuk melakukan hal tersebut demi kesehatan bersama pasangan.

  • Merokok

Dari awal merokok merupakan kebiasaan buruk yang wajib kita hindari. Bukan hanya tidak baik untuk kesehatan, akan tetapi bisa membuat gejala haid terasa lebih buruk. Wanita perokok yang cenderung mengalami dismenore yang akan merasa lebih sakit dibandingkan wanita yang tidak merokok. Jadi sebaiknya kamu patuhi larangan bagi wanita haid.

Berbagai larangan ketika menstruasi sebaiknya wajib kamu patuhi agar siklus menstruasi berjalan lebih ringan dan kamu dapat tetap beraktibitas dengan nyaman. Akan tetapi jika menstruasi terasa tak seperti biasanya atau sangat menyakitkan, pendarahan hebat untuk waktu yang lama atau membuat kamu tidak bisa beraktivitas, sebaiknya periksakan diri pada dokter. Maka dokter akan membantu kamu untuk menemukan penyebab dan memberikan obat untuk meredakan gejala menstruasi yang kamu alami.

Dengan begitu, kamu sudah tau kan apa saja larangan bagi wanita haid yang wajib kamu hindari. Semoga tulisan ini bermanfaat buat kamu ya.

Ikuti informasi menarik seputar kesehatan reproduksi perempuan hanya di Jelita-V.com!

Fakta larangan apa lagi yang kamu ketahui ketika haid?