Artikel

Apa Sih Solusi Jika Kita Tidak Bisa Menahan Kencing ?

Tidak bisa menahan kencing sering kali menjadi ketakutan tersendiri, terlebih ketika sedang bepergian.  Meskipun ada toilet di sekitar mereka, rasa takut akan hal tersebut sering kali masih menghantui. Karena tidak jarang urine sudah keluar sebelum kita sempat masuk ke toilet.

Namun kondisi tersebut sebenarnya bisa diperbaiki. Yuk simak penjelasanya:
1. Periksakan ke dokter
Tidak mampu menahan kencing dapat disebabkan oleh kondisi tertentu, seperti turunnya pelvis pada wanita dan pembesaran prostat pada pria. Kondisi tersebut juga terkadang disebabkan oleh infeksi saluran kencing.untuk memastikan apa penyebabnya, alangkah baiknya kita periksakan ke dokter.Dengan begitu dokter akan mendiagnosis gejala yang dialami untuk mengetahui penyebabnya
2. Buat catatan harian
Sebelum menemui dokter untuk berkonsultasi, hendaknya kita membuat catatan mengenai kondisi yang dialamai setiap hari. Hal tersebut akan memudahkan dokter membuat diagnosa. Adapun yang perlu dicatat yaitu apa yang diminum, seberapa banyak, dan seberapa sering, serta jumlah pergi ke kamar mandi dan jumlah urine yang tak tertahan.
3. Kurangi minuman berkafein
Kurangi mengkonsumsi minuman berkafein yang dapat mengiritasi kandung kemih dan membuat rasa ingin kencing menjadi semakin kuat. .Kafein banyak terdapat pada minuman seperti kopi, teh, dan soda .
4. Kurangi berat badan
Lakukan diet sehat untuk mengrangi berat badan.Kelebihan berat badan dan obesitas dapat meningkatkan risiko ketidakmampuan menahan kencing.
5. Latihan kegel
Dengan melakukan latihan kegel, kita dapat mengurangi keinginan untuk berkemih yang sering. Latihan yang ideal untuk memperbaiki kondisi kita yang sulit menahan kencing adalah sebanyak  30-40 kali latihan per hari. Disamping itu latihan ini juga bisa kita lakukan  saat sudah mulai ada keinginan untuk berkemih.
6. Terapi lantai pelvis
Lakukan terapi lantai pelvis untuk merangsang otot lantai pelvis dan membuatnya kontraksi. Terapi ini bisa membantu kasus tidakk bisa menahan kencing ringan.
7. Pengobatan
Ada beberapa jenis pengobatan untuk memperbaiki gejala tak mampu menahan kencing. Agar obat yang di berikan tepat, cobalah untuk menanyakan kepada dokter bila sedang berkonsultasi.
8. Botox
Bila obat sudah tidak mampu menyelesaikan permasalahan ini,  suntik botox bisa jadi solusi. Dengan  suntik botox bisa membuat otot menjadi rileks.