Tips Menstruasi : Tidur Tetap Nyaman Tak Perlu Takut Bocor!

Saat sedang menstruasi, melakukan aktivitas apapun rasanya tak nyaman. Termasuk masalah urusan tidur.¬†Tidur jadi lebih ribet ditambah was-was takut “bocor”.

Tapi tidak perlu khawatir, ternyata ada tips-tips sederhana yang bisa kamu coba untuk bisa tetap tidur nyenyak saat sedang menstruasi. Mulai dari soal mengatur tempat tidur dan menjaga pola makan. Selengkapnya, yuk ikuti tips-tipsnya di sini, Ladies dikutip dari Vemale.com.

1. Jaga Suhu Ruangan Kamar Tidur

Untuk tidur yang nyaman, suhu ruangan juga perlu diperhatikan. Dilansir darinewhealthadvisor.com, untuk mendapatkan tidur yang nyenyak, atur suhu ruangan menjadi sekitar 21 derajat celcius. Saat sedang haid, suhu tubuh kita akan sedikit meningkat karena terjadinya perubahan hormon dalam tubuh.

2. Gerakkan Tubuh

Mood yang naik turun, depresi, dan gelisah adalah hal-hal yang umum dirasakan seorang wanita saat haid. Cara untuk mengatasinya adalah dengan tetap menggerakkan tubuh secara aktif. Bisa dengan melakukan olahraga ringan, yoga, atau meditasi saat siang hari. Dengan begitu, malam harinya bisa tidur lebih nyenyak.

3. Hindari Makanan Berminyak dan Pedas

Saat sedang haid, perut bisa terasa kembung atau mual. Kondisi ini bisa sangat mengganggu saat tidur. Untuk mengatasinya, salah satu cara yang paling mudah adalah dengan menghindari makanan berminyak dan pedas. Agar waktu tidur bisa nyenyak dan tak gampang terbangun. Selain itu, hindari juga minum minuman yang berkafein.

4. Tidur dengan Posisi Agak Meringkuk

Kram perut dan nyeri yang dirasa saat haid bisa merusak kualitas tidur kita. Untuk mengatasinya, coba tidur dengan posisi agak meringkuk (seperti janin dalam kandungan). Tidurlah dengan posisi miring, tekuk kaki mendekat ke dada, maka otot-otot perut akan lebih rileks sehingga bisa sedikit meredakan nyeri kram perut yang dirasa. Selain itu, tidur dengan posisi ini bisa mencegah terjadinya “bocor”.

5. Cegah Terjadinya ‘Kebocoran’

Salah satu hal yang paling bete dan menyebalkan ketika tidur saat sedang haid adalah ketika “bocor”. Pastinya nggak enak banget saat darah haid bocor dan mengotori sprei. Untuk mencegah terjadinya “kebocoran”, usahakan pakai pembalut yang khusus untuk malam hari, biasanya yang lebih lebar dan dilengkapi dengan lapisan anti bocor. Bisa juga dengan memberi alas tambahan di atas sprei, sehingga kalau bocor, nodanya tak merembes ke sprei.

Mengingat waktu tidur yang lebih dari empat jam, sebaiknya pilih pembalut kain agar terhindar dari bahaya penggunaan klorin dalam waktu lama. Apalagi sekarang ini sudah ada pembalut kain Jelita-V dengan ukuran jumbo, ladies bisa tetap tidur nyenyak tanpa harus khawatir bocor!

Tinggalkan komentar